2 Spesialis Pencuri Isi Jok Motor di Tanah Datar Ditangkap, Polisi Sita Mobil

Agung Sulistyo ยท Senin, 27 Juli 2020 - 13:28 WIB
2 Spesialis Pencuri Isi Jok Motor di Tanah Datar Ditangkap, Polisi Sita Mobil
Dua pelaku pencurian isi jok motor di Tanah Datar (Agung Sulistyo/iNews)

TANAH DATAR, iNews.id - Jajaran Polres Tanah Datar menangkap dua dari empat pelaku pencurian dengan modus congkel jok sepeda motor. Kedua pelaku diketahui berinisial IN warga Solok dan SF warga Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Wakapolres Tanah Datar Kompol Eridal mengatakan, kedua pelaku ditangkap di dua lokasi yang berbeda. Keduanya ditangkap setelah polisi menerima laporan dari salah satu korban.

"Korban ini seorang PNS, dia kehilangan dompet berisi uaang Rp4 juta, ponsel dan emas yang disimpan di jok motor," kata Eridal kepada wartawan, Senin (27/7/2020).

Eridal melanjutkan, korban baru sadar menjadi korban pencurian saat akan belanjar di swalayan di Kota Batusangkar. Tak terima jadi korban pencurian, korban akhirnya lapor ke polisi.

Berbekal dari laporan itu, kata Eridal, polisi melakukan penyelidikan. Hasilnya, polisi mengantongi identitas pelaku dan melakukan penangkapan di kediaman para pelaku.

Salah satu pelaku IN mengatakan, untuk menentukan target korban, dia dan teman-temannya berkeliling menggunakan mobil dan motor.

"Biasanya yang menjadi sasaran nasabah yang keluar dari bank. Kebiasaan nasabah meletakkan barang berharga di dalam jok motor," katanya.

IN yang sehari-hari bekerja sebagai sopir travel ini mengatakan, komplotannya sudah beraksi sejak Desember 2019. Jika ditotalkan, dia dan kelompoknya sudah menggasak ratusan juta rupiah.

"Sudah 10 kali di Batusangkar. Lima berhasil dan lima gagal," kata dia.

Selain menangkap pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa uang, satu unit motor dan dua dunit mobil. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

"Untuk dua pelaku lainnya masih kami kejar," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto