Anggaran Pilgub Sumbar Harus Disesuaikan dengan Kondisi Pandemi Covid-19

Antara · Kamis, 11 Juni 2020 - 21:00:00 WIB
Anggaran Pilgub Sumbar Harus Disesuaikan dengan Kondisi Pandemi Covid-19
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Antara)

PADANG, iNews.id - Anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi berubah. Perubahan ini disebabkan adanya pandemi Covid-19.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, anggaran Pilgub Sumbar awalnya disepakati sekitar Rp131 miliar. Dia berharap agar penyelenggaraan Pilkada disesuaikan lagi dengan kondisi saat pandemi Covid-19.

"Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menetapkan Pilkada 9 Desember 2020. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang sudah ditandatangani Oktober 2019 tentu harus disesuaikan lagi dengan kondisi saat ini," kata Irwan di Padang, Kamis (11/6/2020).

Irwan menambahkan, untuk anggaran Pilgub akan dibicarakan lagi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Sumbar. Namun berdasarkan penyampaian Mendagri akan ada efisiensi tetapi juga ada potensi penambahan.

"Arahan Mendagri ada efisiensi perjalanan dinas, bimtek, honor-honor, kegiatan pertemuan di kurangi. Tapi ada pula penambahan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi Covid-19," katanya.

Irwan melanjutkan, penambahan itu misalnya untuk pengadaan APD, rapid test dan beberapa persiapan lain untuk verifikasi faktual dan kegiatan tahapan pilkada saat wabah Covid-19.

"Kami di Sumbar ada belasan orang calon kepala daerah yang maju dari jalur perseorangan. Seluruh syarat KTP yang masuk kan harus diverifikasi secara langsung. Ini akan jadi pertimbangan untuk penambahan anggaran," kata dia.

Irwan memprediksi tambahan anggaran yang dibutuhkan akan lebih besar dari pada efisiensi yang bisa dilakukan oleh KPU dan Bawaslu.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto