Atraksi Terjun Payung TNI AL Pukau Ribuan Pengunjung Hari Nusantara 2019 di Pariaman

Antara ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:42 WIB
Atraksi Terjun Payung TNI AL Pukau Ribuan Pengunjung Hari Nusantara 2019 di Pariaman
Penerjung payung dari TNI AL memperlihatkan atraksi Sailing Pass saat memperingati Hari Nusantara ke 19 di pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (14/12/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

PARIAMAN, iNews.id – Atraksi terjun payung dan sailing pass mewarnai acara peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (14/12/2019). Demonstrasi yang disuguhkan TNI Angkatan Laut (AL) itu memukau ribuan pengunjung yang hadir.

TNI AL mengerahkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) serta kapal perang untuk mendukung kegiatan Hari Nusantara 2019 di Pariaman ini,” kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal II Padang Mayor Laut Syahrul.

Syahrul mengatakan, kapal yang dikerahkan tersebut KRI Makassar-590, KRI Sibolga, dua unsur Satrol Lantamal II Padang, satu kapal patroli keamanan laut (Patkamla), dua pesawat udara Cassa, dan satu pesawat udara CN-235. Kemudian satu pesawat udara King Air, satu helikopter tipe BO, dua Sea Rider marinir, dan 4 perahu karet marinir.

 

BACA JUGA:

Ratusan Personel Batalyon Intai Amfibi dan Komando Pasukan Katak TNI AL Amankan Pelabuhan

Prajurit TNI AL Simulasi Penanggulangan Huru Hara

 

Dia mengatakan, KRI Makassar yang merupakan jenis LPD (landing platform dock) sudah berada di Pariaman sejak Jumat (13/12/2019) dengan posisi lego jangkar. Kapal tersebut menjadi latar belakang dalam pelaksanaan demo sailing pass.

Pelaksanaan sailing pass juga didukung kapal pesiar, kapal nelayan, dan kapal pengangkut wisatawan di daerah setempat. Posisi tenda utama dan KRI Makassar saling berhadap-hadapan, sementara kapal-kapal lain melintas di tengahnya untuk memberikan penghormatan.

Pada kesempatan yang sama juga akan ditampilkan demonstrasi terjun payung prajurit TNI AL dari Batalyon Taifib 1 Marinir dan Batalyon Taifib 2 Marinir.

Para prajurit menunjukkan kebolehannya dengan meliuk-liuk di langit Pariaman. Materi yang diakukan adalah terjun seperti "boogie jump", terjun "accuracy", serta terjun "banner" di Pantai Gandoriah.

Beberapa peterjun tampak mengibarkan bendera serta atribut seperti bendera Merah Putih, TNI, TNI AL, Lantamal II Padang, lambang Sumatera Barat, Pariaman, dan lainnya.


Editor : Maria Christina