Diduga Tertular Tenaga Medis RSUD, 5 Warga Padang Panjang Positif Corona

Antara ยท Senin, 04 Mei 2020 - 12:02 WIB
Diduga Tertular Tenaga Medis RSUD, 5 Warga Padang Panjang Positif Corona
Pasien positif korona (Foto: ilustrasi/AFP).

PADANGPANJANG, iNews.id - Pasien positif corona atau Covid-19 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah lima orang. Dengan penambahan ini, total ada 19 orang di Padang Panjang yang terinfeksi corona.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Panjang, Ampera Salim mengatakan, lima kasus itu diketahui setelah hasil tes swab terhadap lima pasien keluar. Hasil tes swab itu dikeluarkan oleh Laboratorium Universitas Andalas (Unand).

"Saat ini kelimanya sudah masuk ruang isolasi RSUD Padang Panjang untuk penanganan lebih lanjut," kata Ampera, Senin (4/5/2020).

Amper menambahkan, tambahan kasus positif bukan berasal dari tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang.

“Lima dari empat orang itu merupakan kerabat dekat dari salah satu tenaga kesehatan yang positif Covid-19 berasal dari Kelurahan Kampung Manggis dan satu orang yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta,” kata dia

Sementara itu, kata Ampera, pemerintah kota masih terus melacak riwayat kontak dari pasien positif dan melakukan tes swab.

Sebelumnya, pada Kamis (30/4/2020), 13 tenaga kesehatan di RSUD Padang Panjang dinyatakan positif corona.

Mereka diduga setelah kontak dengan pasien NS asal Kabuaten Tanah Datar yang datang berobat ke RSUD Padang Panjang. Kemudian, pemerintah melacak riwayat kontak 13 tenaga kesehatan tersebut.

Hasilnya pada Sabtu (2/5/2020) terdapat satu kasus positif corona tambahan yang masih merupakan tenaga kesehatan di RSUD Padang Panjang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto