Dilirik Pemkab Mukomuko, Unand Padang Keluarkan Hasil Tes Swab Lebih Cepat

Antara · Senin, 28 Desember 2020 - 11:05:00 WIB
Dilirik Pemkab Mukomuko, Unand Padang Keluarkan Hasil Tes Swab Lebih Cepat
Gedung Universitas Andalas Padang. (Foot: Istimewa).

PADANG, iNews.id - Universitas Andalas (Unand) Padang mampu memberikan hasil tes swab Covid-19 lebih cepat. Saat ini pemeriksaan sampel dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, dikirim ke laboratorium kampus tersebut.

"Kami sudah mulai memeriksakan sampel tes swab Covid-19 di sana," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Mukomuko, Bustam Bustamo, Minggu (27/12/2020).

Sekda Kabupaten Mukomuko, Marjohan menambahkan, sudah dilakukan MoU dengan Pemerintah Kota Padang dan Unand terkait kerja sama tersebut.

Satgas Penanganan Covid-19 juga telah mengadakan rapat terkait solusi peralatan yang bisa mendapatkan hasil tes swab secara lebih cepat.

Namun RSUD M Yunus Bengkulu ternyata tidak mampu menampung sampel tes usap dari 10 kabupaten/kota. Karena itulah hasil yang didapat cukup lama, hingga 14 hari.

"Tim jadi tidak bisa cepat untuk melakukan penelusuran riwayat kontak pasien," ujar Marjohan mewakili Satgas Penanganan Covid-19 Mukomuko.

Sementara Unand Padang masih memungkinkan menerima sampel tes swab dari daerah lain. Bahkan, hasil pemeriksaan bisa lebih cepat, sehingga tim mampu melakukan deteksi dini dengan tracing contact pasien.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal