Gempa M 6,7 di Banten, Warga Lampung Barat Panik Keluar Rumah

Enrico Ngantung ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 17:07:00 WIB
Gempa M 6,7 di Banten, Warga Lampung Barat Panik Keluar Rumah
Ilustrasi gempa bumi (iNews.id)

LAMPUNG BARAT, iNews.id - Gempa berkekuatan Magnitudo 6,7 mengguncang Sumur, Banten, Jumat sore (14/1/2022). Getaran gempa dirasakan warga Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Agus Sanjaya, warga Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat mengatakan, getaran gempa membuat dia dan keluarganya panik. Beberapa warga juga berhamburan keluar rumah.

"Iya mas, getaran gempa tadi membuat saya sedikit terkejut sebab getaran terasa kuat sekali," kata Agus, Jumat (14/1/2022).

Untuk diketahui, menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 7.01 Lintang Selatan (LS) dan 105,26 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di laut tepatnya 52 kilometer (km) dari arah Barat Daya Sumur, Banten. Sementara kedalaman gempa berada di 10 km.

Gempa dirasakan dalam skala MMI II di wilayah Liwa. Skala II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Sementara ini tidak ada kerusakan dan korban jiwa. Sejauh ini BMKG menghimbau agar waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin masih akan terjadi.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: