Gubernur Jadi Target Bom Bunuh Diri, Dua Pengawal Tewas 

Djairan · Minggu, 11 April 2021 - 13:13:00 WIB
Gubernur Jadi Target Bom Bunuh Diri, Dua Pengawal Tewas 
Ilustrasi ledakkan

MOGADISHU, iNews.id - Gubernur Daerah Bay, Solamia bernama Ali Wardhere Dooyow jadi target bom bunuh diri, Sabtu (10/4/2021) waktu setempat. Dia selamat, namun dua pengawalnya tewas di lokasi kejadian. 

Dalam peristiwa tersebut dilaporkan ada tiga orang tewas. Sementara lima korban lainnya mengalami luka-luka.

Mereka yang terluka kebanyakan warga sipil dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat. Dilaporkan, seorang pembom meledakkan dirinya di luar sebuah hotel di Baidoa, ibu kota Daerah Bay.

“Gubernur Ali Wardhere Dooyow menjadi sasarannya. Gubernur tidak terluka, tetapi dua pengawalnya dan satu orang lagi tewas,” kata Muhamad Adan Ibrahim, seorang petugas polisi di Baidoa, kepada kantor berita Anadolu seperti dikutip Aljazeera, Minggu (11/4/2021).

Al-Shabab, kelompok bersenjata yang terkait dengan al-Qaeda, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Al-Shabab sendiri berupaya untuk menggulingkan pemerintahan Somalia sejak 2007, dengan melancarkan serangan rutin terhadap pemerintah dan masyarakat sipil.

"Ini insiden mengerikan yang mengejutkan kami, saya sedang duduk di sebuah toko tidak jauh dari sana (hotel) dan saya bergegas untuk melihat apa yang terjadi. Saya melihat mayat yang hancur di tengah ledakan," kata Ataf Moalim, seorang saksi mata di lokasi kejadian.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2