Jalur Sitinjau Lauik Tertutup Longsor, BPBD: Sekarang Sudah Mulai Normal

Antara ยท Minggu, 22 November 2020 - 09:35:00 WIB
Jalur Sitinjau Lauik Tertutup Longsor, BPBD: Sekarang Sudah Mulai Normal
Jalur Padang-Solok tertutup longsor pada Sabtu sore kemarin. (Foto: Antara).

PADANG, iNews.id - Jalur Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) yang terputus pada Sabtu (22/11/2020) sore, kini sudah bisa dilalui kendaraan. Petugas BPBD masih berada di lokasi untuk membersihkan material longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Padang, Barlius mengatakan, material longsor tersebut berupa pohon, batu, pasir yang menutupi sebagaian badan.

"Material longsor belum sepenuhnya disingkirkan, anggota masih di lokasi untuk membersihkannya," Barlius di Kota Padang, Sumbar, Sabtu malam.

Menurut dia, awalnya material longsor dibersihkan secara manual selama hampir satu jam lalu akses jalan sudah mulai dibuka satu jalur dengan sistem buka tutup.

Tim yang berjibaku di lapangan kemudian dibantu alat berat dari Dinas PU akhirnya jalan bisa dibuka secara perlahan-lahan. Kini akses jalan tersebut sudah berangsur-angsur normal dan dapat dilalui kendaraan.

"Kini jalurnya sudah kembali dibuka dan dilalui kendaraan dengan normal," kata dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada ketika melintasi jalur tersebut apalagi di saat hujan deras. Sebab daerah tersebut dinilai rawan longsor.

Sebelumnya hujan deras mengguyur Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang mengakibatkan tanah longsor pada Sabtu sore sekitar pukul 15.30 WIB. Akses jalan yang menghubungkan Sumbar dengan Jambi ini terputus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal