Jemaah Naqsabandiyah Padang Sudah Takbiran, Besok Lebaran Haji

Budi Sunandar ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 00:30 WIB
Jemaah Naqsabandiyah Padang Sudah Takbiran, Besok Lebaran Haji
Jemaah tarekat Naqsabandiyah mengumandangkan takbir pertanda masuknya Hari Raya Idul Adha, Rabu (29/7/2020). (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id - Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat sudah menggelar takbiran Idul Adha, Rabu (29/7/2020) malam. Itu artinya, mereka akan melaksanakan shalat Idul Adha atau Lebaran Haji Kamis (30/7/2020)  atau sudah memasuki 10 Dzulhijjah 1441 H versi jemaah tersebut.

Pantauan iNews, gema takbir itu salah satunya terdengar di Masjid Baitul Makmur, Kelurahan Binuang, Kampung Dalam, Kecamatan Pauh Kota Padang.

Sebelumnya, puluhan jemaah tarekat Naqsabandyah ini melaksanakan shalat isya berjemaah. Selepas salat, kemudian dilanjutkan dengan mengumandangkan takbir.

Tokoh tarekat Naqsabandiyah Pauh Kota padang, Ustaz Zahar mengatakan, tarekat Naqsabandyah telah menetapkan 10 Dzulhijjah 1441 H, Kamis, 30 Juli 2020.

“Penetapan ini berdasarkan penghitungn hisab munjid yang telah dipercayai turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu,” katanya.

Dia menjelaskan, metode hisab munjid adalah menghitung 360 hari dari awal Idul Adha tahun lalu. Demikian juga dalam penetapan awal Ramadan yang mengacu pada awal perayaan tahun sebelumnya.

Kendati selalu berbeda menetapkan jatuhnya Hari Raya Idul Adha dengan pemerintah, kata dia, hal tersebut tidak pernah dipedebatkan oleh para jemaah karena tradisi ini sudah merupakan ajaran turun temurun dari nenek moyang para penganut tarekat Naqsabandiah.


Editor : Kastolani Marzuki