Kasus Covid di Sumbar Tak Terkendali, Asrama Haji Akan Jadi Tempat Isolasi

Antara ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:40 WIB
Kasus Covid di Sumbar Tak Terkendali, Asrama Haji Akan Jadi Tempat Isolasi
Asrama Haji Padang akan jadi tempat isolasi pasien Covid-19. (Foto: Antara).

PADANG, iNews.id - Asrama Haji Padang dipertimbangkan menjadi tempat isolasi pasien terpapar virus corona. Sebab harus ada langkah-langkah antisipasi karena kasus Covid-19 di daerah tersebut mulai tak terkendali.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, beberapa hari terakhir penambahan angka positif harian terus melonjak. Bahkan pada Jumat (16/10/2020) mencapai rekor, 547 kasus Covid-19.

"Asrama haji punya 200 tempat tidur. Untuk sementara mungkin bisa dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien," kata Gubernur Irwan di Kota Padang, Sumbar, Sabtu (17/10/2020).

Terjadinya lonjakan kasus Covid-19 ini membuat ruang isolasi rumah sakit tak bisa menampung pasien lagi. Karena itu perlu antisipasi menyiapkan tempat karantina lain sebagai penopang rumah sakit.

Asrama Haji Padang dianggap memungkinkan, karena memiliki ruangan yang cukup banyak. Selain itu ada dinding pagar di sekitar lingkunganya agar pasien bisa diawasi dengan baik oleh tim medis.

"Kita juga sudah minta bupati/wali kota untuk melakukan antisipasi serupa di daerah," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman mengatakan, tambahan 547 orang terkonfirmasi positif pada Jumat kemarin.

"Biasanya paling tinggi hanya 300-an per hari. Kemarin terjadi lonjakan," katanya.

Dia mengatakan hingga hari ini, total warga Sumbar yang positif Covid-19 mencapai 10.294 orang. Dari jumlah tersebut, 5.501 orang dinyatakan sembuh. Selain itu ada 201 orang meninggal dunia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal