Kasus Positif Covid-19 Tembus 811, Pasaman Barat Menuju Zona Merah

Antara ยท Selasa, 11 Mei 2021 - 17:25:00 WIB
Kasus Positif Covid-19 Tembus 811, Pasaman Barat Menuju Zona Merah
Juru Bicara Covid-19 Pasaman Barat Gina Alecia. Foto: Antara

SIMPANG EMPAT, iNews.id - Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sambar) menuju zona merah atau kawasan berisiko tinggi setelah mengalami penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 19 orang pada Selasa (11/5/2021). Kini total kasus positif mencapai 811.

Juru Bicara Covid-19 Pasaman Barat, Gina Alecia, tidak menampik bahwa Pasaman Barat yang kini berstatus zona oranye tengah bergerak menuju zona merah. Dia mengaku khawatir melihat kenaikan kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

"Sebanyak 19 orang pasien ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina Simpang Empat serta direncanakan diisolasi di RSUD Pasaman Barat, RS Ibnu Sina Simpang Empat dan Diklat BKPSDM Talu," kata Gina.

Gina Alecia mengatakan, dari 811 pasien positif tersebut sebanyak 684 orang dinyatakan sembuh. Meninggal dunia sebanyak 46 orang dan dikarantina atau dirawat 81 orang.

"Sangat mengkhawatirkan perkembangan Covid-19 saat ini. Pasaman Barat saat ini sudah masuk zona oranye mendekati zona merah," kata dia.

Seluruh kasus penambahan didominasi akibat kontak erat dengan pasien positif. Pihaknya telah melaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau tracking untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pasaman Barat.

"Mari kita saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," ujarnya. 

Editor : Erwin C Sihombing