Kebakaran di Lapas Bukit Tinggi Padam, Napi Dipindahkan Sementara

Wahyu Sikumbang ยท Senin, 21 Januari 2019 - 19:02 WIB
Kebakaran di Lapas Bukit Tinggi Padam, Napi Dipindahkan Sementara
Kebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukit Tinggi akhirnya padam, Senin (21/1/2019) sore. (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang)

BUKITTINGGI, iNews.idKebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukit Tinggi akhirnya padam, Senin (21/1/2019) sore. Kondisi lapas pun saat ini sudah terkendali. Sementara para narapidana dipindahkan ke blok hunian. Dugaan sementara, kebakaran yang berpusat di Blok D itu disebabkan korsleting arus pendek listrik.

Direktur Keamanan dan Ketertiban, Lilik Sujandi menjelaskan, saat ini kondisi di dalam lapas sudah aman terkendali. “Atas kejadian tersebut Lapas Payakumbuh, Lapas Padang Panjang dan Bapas Bukit Tinggi bersama-sama mem-back up pengamanan di lokasi,” kata Lilik, Senin (21/1/2019).

Hingga berita ini diturunkan, penyebab pasti terjadinya kebakaran masih diselidiki petugas dari Polresta Bukit Tinggi. Pengelola Lapas juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pihak terkait untuk memastikan kondisi benar-benar aman terkendali.

BACA JUGA: Lapas Bukittinggi di Agam Terbakar, Napi Berhamburkan Selamatkan Diri

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bukit Tinggi, Marten menuturkan penghuni lapas yang berada di Blok D sudah dievakuasi ke Blok Hunian A, B, dan C. Sementara napi wanita yang berada di blok hunian untuk sementara waktu ditempatkan di klinik lapas karena berdekatan dengan lokasi kebakaran.

“Tidak ada korban jiwa baik dari petugas maupun warga binaan. Sudah tidak ada kepanikan lagi saat ini. Blok hunian yang terbakar ada 4 kamar dari 8 kamar yang berada di Blok D,” kata Marten.


Berdasarkan data terakhir SMS Gateway Sytem Direktorat Jenderal Pemasyaratan, jumlah penghuni Lapas Kelas IIA Bukittinggi berjumlah 573 orang. Kapasitas jumlah hunian Lapas 242 orang.

Sebelumnya dikabarkan, kebakaran melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bukittinggi, yang terletak di Kecamatan Ampek Angkek, Biaro, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (21/1/1019) sore. Kobaran api menghanguskan sejumlah blok dan kantin, serta membuat sejumlah napi lari berhamburan menyelamatkan diri keluar ruang tahanan.

Informasi yang dirangkum iNews, api pertama kali terlihat pukul 14.00 WIB. Awalnya sejumlah napi melihat kepulan asap tebal dari arah blok D dan kantin.


Editor : Himas Puspito Putra