Kejati Sumbar Tahan 12 Tersangka Korupsi Ganti Rugi Tol Padang-Sicincin

Antara ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 07:33:00 WIB
Kejati Sumbar Tahan 12 Tersangka Korupsi Ganti Rugi Tol Padang-Sicincin
Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat menahan 12 tersangka korupsi ganti rugi lahan tol Padang-Sicincin. (Antara)

PADANG, iNews.id - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menahan 12 tersangka korupsi ganti rugi lahan tol Padang-Sicincin. Para tersangka ditahan di Rutan Kelas IIB Padang.

"Kami lakukan upaya paksa berupa penahanan terhadap tersangka sesuai dengan Pasal 21 KUHAP," kata Asisten Pidana Khusus Kejati Sumbar, Suryanto di Padang, Rabu (2/12/2021) sore.

Para tersangka yang ditahan yakni penerima ganti rugi, aparat pemerintahan Nagari (desa), dan aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Padang.

Seorang tersangka yang berlatar belakang penerima ganti rugi yakni SY tidak memenuhi panggilan pemeriksaan karena alasan sakit. Dia akan dipanggil kembali pada pekan depan.

"Mereka akan ditahan untuk 20 hari ke depan. Proses pemberkasan kasus juga terus kami kebut," katanya.

Suryanto menjelaskan, ganti rugi lahan Tol Padang-Sicincin merupakan proyek nasional. Kerugian negara yang ditimbulkan akibat perbuatan para tersangka mencapai Rp28 miliar.

"Diduga uang pembayaran ganti rugi lahan tol yang telah digelontorkan negara diklaim secara melawan hukum oleh orang yang tidak berhak sebagai penerima ganti rugi," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: