Ketinggian Air hingga 1,2 Meter, Perahu Karet Disiapkan untuk Evakuasi Warga di Solok Selatan

Antara ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 18:15 WIB
Ketinggian Air hingga 1,2 Meter, Perahu Karet Disiapkan untuk Evakuasi Warga di Solok Selatan
Proses evakuasi korban banjir. (Foto: Antara).

MUARA LABUH, iNews.id - Lima unit perahu karet disiapkan untuk evakuasi warga yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Ketinggian air bervariatif mulai dari 30 - 120 sentimeter.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan, saat ini banyak warga yang mengungsi ke masjid atau tempat yang lebih aman sambil menunggu air surut.

"Perahu karet sudah kami siagakan sejak subuh guna mengevakuasi warga yang terdampak banjir," kata Yulian kepada wartawan di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, Jumat (13/12/2019).

Hingga kini banjir masih merendam sejumlah nagari atau desa di tiga kecamatan. Di antaranya berada di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu dan Pauh Duo.

Lokasi banjir paling parah berada di Kampung Tarandam, Nagari Pasar Muaralabuh, dengan ketinggian air mencapai 1,2 meter. Sedangkan banjir di wilayah lainnya memiliki ketinggian air bervariatif, mulai dari 30 - 90 sentimeter.

Camat Sungai Pagu, Rolli Almar mengatakan, pengungsi di wilayah bisa mencapai ribuan orang. Karena dari hasil pendataan sementara, dari Nagari Pasar Muaralabuh saja ada 600 kepala keluarga atau 2.000 orang terdampak banjir.

"Banjir hari ini hampir seluruh wilayah Sungai Pagu yang terdampak," ujarnya.

Banjir yang melanda Solok Selatan akibat tingginya curah hujan yang membuat sejumlah sungai meluap dan masuk ke permukiman warga. Sungai yang meluap di antaranya Batang Bangko, Batang Suliti dan Batang Lolo.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal