Lahan Sawit Milik Mantan Jenderal di Agam Terbakar, Petugas Kewalahan

Rus Akbar ยท Senin, 22 Februari 2021 - 15:46:00 WIB
Lahan Sawit Milik Mantan Jenderal di Agam Terbakar, Petugas Kewalahan
Petugas BPBD Agam menunjukan lokasi lahan kebun sawit yang terbakar akibat cuaca panas, Senin (22/2/2021). (Foto: MNC Portal/Rus Akbar)

AGAM, iNews.id – Lahan kebun sawit milik mantan jenderal TNI di Kabupaten Agam, Sumatra Barat terbakar, Senin (22/2/2021). Berdasarkan data dari BPBD Agam, lahan yang terbakar milik Brigjen Purnawirawan TNI Dasiri Musnal. 

“Saat ini kita masih mengupayakan pemadaman,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal. 

Dia menjelaskan, tim BPBD bersama anggota Polsek Tanjung Mutiara sudah berada di lokasi kebakaran lahan untuk proses pemadaman. 

“Berkaitan dengan kebakaran ini, beberapa hari sebelumnya sudah terjadi kebakaran ditempat yang sama kebakaran yang sudah terjadi lebih kurang 6 hektare,” katanya.

Dia mengatakan, kebakaran lahan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir akibat cuaca panas ditambah angin kencang, sehingga menimbulkan titik api baru sudah menjalar. 

“Kita sudah koordinasi dengan dengan Kapolsek Tanjung Mutiara karena sudah menuju ke wilayah tersebut,” katanya. 

Syafrizal mengakui banyak menemukan kendala saat memadamkan api karena sumber air di lokasi sangat minim. 

“Lokasi kebakaran sumber airnya sangat sedikit sekali membuat petugas kewalahan, saat ini dibantu oleh Damkar dan Pol PP Agam ikut turun memadamkan api,” ujarnya.

Hingga kini, kebakaran lahan kebun sawit dan gambut di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, sudah mencapai enam hektare.

Dia mengimbau warga lebih waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Editor : Kastolani Marzuki