Lapas Pariaman Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Makanan Ringan

Antara ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:03 WIB
Lapas Pariaman Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Makanan Ringan
Lapas Pariaman, Sumatera Barat menggagalkan penyelundupan sabu dalam kemasan makanan ringan. (Antara)

PARIAMAN, iNews.id - Penyelundupan sabu ke dalam Lapas Pariaman, Sumatera Barat terungkap. Pelaku menggunakan modus menyelipkan sabu di dalam kemasan makanan ringan.

"Upaya penyelundupan diketahui ketika petugas memeriksa bungkus paket yang dititipkan dan salah satunya merupakan bungkus makanan ringan namun bungkus itu telah dibungkus ulang sehingga petugas curiga," kata Kepala Lapas Pariaman, Eddy Junaedi di Pariaman, Sabtu (25/7/2020).

Pelaku yakni T (26), seorang warga Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman yang hendak mengirim sabu untuk salah satu warga binaan di Lapas Pariaman.

Dia mengatakan, petugas jaga curiga dengan paket makanan ringan yang dibawa pelaku. Setelah petugas membongkar paket makanan tersebut, ditemukan tiga paket sabu yang dimasukkan ke dalam bungkus makanan ringan. Tak hanya itu, petugas juga menemukan sabu di dalam bungkus rokok.

"Lalu kejadian itu dilaporkan petugas kepada saya, dan warga binaan yang bersangkutan dipanggil untuk dimintai keterangan," katanya.

Dia mengatakan, upaya penyelundupan sabu ke dalam lapas ini telah dilaporkan kepada Polres Pariaman. Pelaku dan barang bukti telah diserahkan ke kepolisian untuk ditindaklanjuti.

"Saat diinterogasi untuk siapa paket bingkisan tersebut pelaku menjawab untuk seorang warga binaan berinisial F," ujar Kasubag Humas Polres Pariaman AKP Syafruddin.

Dia mengatakan, atas informasi tersebut petugas kepolisian kembali menuju Lapas Pariaman untuk memeriksa napi yang dimaksud. Dari keterangan F diketahui ada dua orang warga binaan lainnya yang terlibat pemesanan sabu itu, yaitu N dan M.

Saat ini pelaku berada di Polres Pariaman untuk pengembangan lebih lanju. Sedangkan barang bukti yang diamankan dalam pengungkapan kasus ini yaitu empat buah plastik bening ukuran sedang berisi sabu-sabu, satu unit motor, sebuah kantong kresek, dan satu unit hp.

"Polres Pariaman dan Lapas Klas IIB Pariaman terus bersinergi untuk memberantas peredaran narkoba di lingkungan lembaga pemasyarakatan," katanya.


Editor : Reza Yunanto