Longsor di Jalur Limapuluh Kota - Payakumbuh, 1 Mobil Bawa 4 Penumpang Terdorong ke Jurang

Sindonews, Aini Lestari ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 13:50 WIB
Longsor di Jalur Limapuluh Kota - Payakumbuh, 1 Mobil Bawa 4 Penumpang Terdorong ke Jurang
Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Lima Puluh Kota. (Foto: Sindonews).

SARILAMAK, iNews.id - Longsor terjadi di jalan raya Limapuluh Kota - Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (10/12/2019) pukul 05.00 WIB pagi. Dalam peristiwa tersebut satu mobil yang sedang melintas di jalur tersebut terjun ke jurang sedalam 35 meter.

Tanah longsor ini terjadi di empat titik sepanjang jalur dari Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, menuju Payakumbuh. Lokasi terparah berada di Pendakian 17, dimana material yang berasal dari bukit di sisi jalan setinggi lebih kurang 25 meter longsor.

Material berupa tanah liat ini langsung menghantam empat unit mobil, yakni dua unit truk dan dua unit MPV yang tengah melintas di jalan. Bahkan satu unit MPV langsung terdorong ke jurang bersama dengan pengemudi dan empat orang penumpangnya.

"Korban langsung diselamatkan bersama warga, dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit setempat. Mereka dalam kondisi selamat, hanya mengalami luka ringan saja," Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Sri Wibowo, kepada wartawan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

Wibowo menjelaskan, selain mengakibatkan adanya korba luka-luka, bencana tanah longsor ini juga mengakibatkan kerugian materil hingga miliaran rupiah. Polres menurunkan 50 persenel dari Satuan Sabhara, Satlantas dan BNPB, serta Dinkes dan Damkar Limapuluh Kota.

Dia menghimbau kepada pengendara yang melintas di jalur lokasi kejadian agar berhati-hati. Sebab, jalur tersebut memang dinilai rawan bencana. Terlebih di saat cuaca musim penghujan sekarang ini.

"Jalur sempat terputus akibat material longsor. Tim langsung bergerak mengevakuasi dan akhirnya jalur kembali dibuka sekitar pukul 09.30 WIB ini," katanya.

Pengemudi truk bernomor polisi BM 9257 DA, Aulia mengatakan, longsor berawal saat jalanan macet di jalur tersebut. Tiba-tiba saja ada longsor, sehingga kendaraannya terdorong ke pinggir jurang.

"Untung saja ada tiang listrik sebagai penahan. Kalau tidak, saya sudah langsung terjun ke jurang," ujarnya.

Aulia mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuhnya seperti luka lecet di bagian pelipis mata kiri dan juga tangan. Namun ia masih bersukur dapat terselamatkan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal