Longsor di Jalur Lintas Sumatera, Akses Padang Menuju Solok Terputus 6 Jam

Budi Sunandar · Sabtu, 25 September 2021 - 03:50:00 WIB
Longsor di Jalur Lintas Sumatera, Akses Padang Menuju Solok Terputus 6 Jam
Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) yang berada di Sitinjau Lauik, Padang, Sumatera Barat longsor. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id - Hujan deras mengakibatkan longsor di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) yang berada di Padang, Sumatera Barat. Akses kendaraan dari Kota Padang menuju Kabupaten Solok sempat terputus selama enam jam.

Hujan yang mengguyur sejak Jumat (24/9/2021) sore menyebakan tanah longsor di lima titik Jalinsum di Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. 

Akibat longsor, antrean kendaraan dari Kota Padang menuju Solok mengular sepanjang tiga kilometer. Kendaraan tak bisa melintas karena material longsor menutup sebagian jalan.

"Ada lima titik longsor yang menutup sebagian jalan baik dari arah Padang maupun Solok," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, Sabtu (25/9/2021) dini hari.

Dia mengatakan, BPBD Kota Padang dan Dinas PU langsung melakukan pembersihan di lokasi dengan alat berat. Sebagian material longsor sudah dibersihkan dari jalan.

Hingga berita ini diturunkan, akses jalan di lokasi masih diberlakukan buka tutup mengingat belum semua material longsor dibersihkan.

Pengendara diminta berhati-hati melintas karena hujan berpotensi rawan menimbulkan longsor.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: