Monyet Liar Curi Makanan hingga Rusak Rumah di Padang Ditangkap Petugas BKSDA

Budi Sunandar ยท Minggu, 15 Agustus 2021 - 11:47:00 WIB
Monyet Liar Curi Makanan hingga Rusak Rumah di Padang Ditangkap Petugas BKSDA
Seekor monyet liar yang meneror warga Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang akhirnya ditangkap, Sabtu (14/8/2021). (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id - Seekor monyet liar yang mencuri hingga merusak rumah warga di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang akhirnya ditangkap, Sabtu (14/8/2021). Monyet tersebut sudah satu minggu meneror permukiman warga sekitar.

Monyet liar yang kerap merusak rumah dan mencuri makanan ini ditangkap setelah masuk perangkap petugas BKSDA di lantai dua rumah warga. Selanjutnya monyet liar tersebut dievakuasi oleh petugas guna menjalani perawatan sebelum dilepasliarkan ke habitatnya di hutan konservasi Taman Raya Bunghatta.

"Nanti kita lihat dulu konsdisinya sehat atau tidak nanti akan diobservasi lagi," ucap Kasi Konservasi Wilayah 2 BKSDA Sumbar, Eka Dhamayanti, Sabtu (14/8/2021).

Saat terperangkap, bagian ekor monyet tersebut luka akibat terjepit kerangkeng. Sebelumnya, monyet liar ini berkeliaran dipemukiman warga dan kerap merusak rumah serta mencuri makanan dan pakaian warga.

Melihat dari kalung yang terpasang, diduga monyet ini merupakan hewan peliharaan warga yang lepas. Petugas pun mengimbau kepada warga agar tidak menjadikan monyet sebagai hewan peliharaan. Monyet tergolong hewan agresif dan terbiasa hidup dialam bebas dan hutan.

"Ini kemungkinan peliharaan karena ada aksesoris (kalung) yang melekat pada hewan itu," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: