Webinar Leader Talk iNews

Pariwisata Menggeliat, Gubernur Sumbar: Wisatawan Mulai Kunjungi Mentawai

Riezky Maulana · Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:46:00 WIB
Pariwisata Menggeliat, Gubernur Sumbar: Wisatawan Mulai Kunjungi Mentawai
Webinar Leader Talk iNews bertajuk “Perekonomian dan Pariwisata Sumatra Barat di Tengah Pandemi”, Kamis (13/8/2020. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id – Sektor pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) perlahan kembali menggeliat setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Seiring masa Adaptasi Kebiasaan Baru, wisatawan mulai mendatangi destinasi wisata andalan.

Gubernur Sumbar Iwan Prayitno menuturkan, salah satu indikasi pulihnya sektor pariwisata ditandai dengan kunjungan turis. Salah satunya ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Irwan mengaku telah bertemu dengan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet. Dalam penuturannya, Yudas menyebut wisawatan mancanegara mulai berkunjung kembali ke Mentawai.

"Kata Bupati Mentawai, dari orang asing (wisman) sudah banyak yang ke sana, tapi tidak sebanyak dulu. Artinya kita sudah menggeliat ya, tetapi belum seperti sedia kala," kata Irwan dalam Webinar Leader Talk iNews bertajuk “Perekonomian dan Pariwisata Sumatra Barat di Tengah Pandemi”, Kamis (13/8/2020.

Irwan menuturkan, terdapat tiga sektor paling terdampak virus corona, yaitu pariwisata, perdagangan, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sektor pertanian dan kelautan perikanan juga turut terdampak, namun tidak signifikan.

“Sumbar dulu pernah menjadi provinsi terbanyak (kasus Covid-19) keempat di Indonesia pada 24, 25, 26 Mei, sekarang sudah urutan ke-19. Artinya ini juga upaya mengendalikan, mudah-mudahan sampai ketemu obat atau vaksinnya nanti, Sumatera Barat tidak terlalu parah terdampak ekonominya,” kata dia.

Irwan menuturkan, penularan Covid-19 masih terus terjadi. Begitu pula di Sumbar yang kasus terkonfirmasi positif kembali bertambah. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat disipil melaksanakan protokol kesehatan.

Webinar Leader Talk iNews disiarkan langsung (live streaming) melalui akun Youtube Official iNews, iNews Portal dan website iNews.id. Selain Irwan, hadir sebagai narasumber yaitu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kadis Perdagangan Kota Padang Andree Algamar, dan Ketua Organda Sumbar Budi Syukur.


Editor : Zen Teguh