Pemkot Pariaman Dapat Hibahan KRI Teluk Ratai 509 dari TNI AL

Nur Ichsan · Selasa, 08 Juni 2021 - 13:16:00 WIB
Pemkot Pariaman Dapat Hibahan KRI Teluk Ratai 509 dari TNI AL
Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Ratai 509 (Kolinlamil.tnial.mil.id)

PARIAMAN, iNews.id - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akan menerima Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Ratai 509. Kapal itu dihibahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, kapal perang itu nantinya akan dijadikan museum Angkatan Laut di Kota Pariaman.

Pemkot Pariaman telah melakukan rapat koordinasi di Markas Besar Lantamal (Pangkalan Utama TNI AL) II Padang, Teluk Bayur, Padang, Senin lalu (7/6/2021).

Rombongan Pemko Pariaman dipimpin Walikota Genius Umar, diterima Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto.

"Dengan adanya KRI Teluk Rantai menjadi bukti sejarah, Kota Pariaman dulunya adalah pangkalan AL pertama di Sumatera," kata Genius, Selasa (8/6/2021).

Genius menambahkan, dengan adanya museum Angkatan Laut ini maka KRI Teluk Rantai bisa menjadi magnet wisatawan. Tak hanya itu, ini akan menjadi media edukasi untuk pelajar tentang sejarah bahari dari Kota Pariaman.

Sementara itu, Danlantamal Hargianto mengatakan, jika ini direalisasikan maka Kota Pariaman satu-satunya punya Museum Kapal Perang di luar pulau Jawa.

"Ini akan menjadi kebanggaan bagi Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat umumnya," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto