Pemkot Pariaman Kucurkan Rp1,4 Miliar untuk Program Kartu Pintar untuk Pelajar

Antara ยท Senin, 15 Juni 2020 - 18:55:00 WIB
Pemkot Pariaman Kucurkan Rp1,4 Miliar untuk Program Kartu Pintar untuk Pelajar
Ilustrasi pelajar (Foto: iNews.id/Ihya` Ulumuddin)

PARIAMAN, iNews.id - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan anggaran Rp1,4 miliar untuk program Kartu Pariaman Pintar (KPP). Kartu itu nantinya akan dibagikan ke 1.224 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kami siapkan data-data penerimanya agar tidak tumpang tindih dengan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, Senin (15/6/2020)

Kanderi mengatakan, program tersebut dibuat pemkot setempat karena masih ada siswa di daerah itu yang tidak mendapatkan KIP.

Untuk menampung siswa miskin yang tidak masuk dalam KIP, kata dia, pemkot membuat program Pariaman Pintar atau KPP yang setiap penerimanya mendapatkan Rp800.000 untuk siswa SD dan Rp1,2 juta untuk siswa SMP. Penyerahan kepada siswa per tahun.

“Penyaluran dana tersebut dibagi dua, yaitu 60 persen berupa uang tunai yang dapat untuk uang saku dan pendidikan, sedangkan 40 persen berupa peralatan sekolah yang diberikan setiap tahun kepada penerima,” kata dia.

Dengan program tersebut, kata Kanderi, diharapkan tidak ada lagi warga di Pariaman yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya.

Saat ini, jumlah penerima KIP di Pariaman mencapai 6.377 siswa yang terdiri atas 4.200 siswa SD dan 2.177 siswa SMP.

Pemkot Pariaman terus meningkatkan pembangunan bidang pendidikan guna meningkatkan sumber daya manusia di daerah itu yang akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: