Pensiunan ASN Ditemukan Tewas setelah Jatuh ke Dalam Lubang Tanah Ambles

Wahyu Sikumbang ยท Jumat, 20 Desember 2019 - 21:20 WIB
Pensiunan ASN Ditemukan Tewas setelah Jatuh ke Dalam Lubang Tanah Ambles
Korban jatuh ke dalam lubang tanah ambles di Bukittinggi Sumbar. (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang).

BUKITTINGGI, iNews.id - Seorang pensiunan ASN di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), tewas setelah jatuh terperosok ke dalam lubang tanah yang ambles di pinggir jalan. Proses evakuasi korban dilakukan dengan menurunkan alat berat di lubang sedalam tujuh meter.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi mengatakan, korban, Harmusti alias Mun (64), diduga jatuh ke dalam lubang tersebut setelah pulang Salat Subuh pada Jumat (20/12/2019) pagi.

"Korban diketahui jatuh di lubang itu, karena ditemukan mukena dan sandal di dekat lubang," kata Iman kepada wartawan di TKP Jalan Bypass Kota Bukittinggi, Sumbar.

Korban yang merupakan pensiunan ASN di Inspektorat Pemerintah Kota Bukittinggi. Almarhum sempat dilaporkan hilang oleh pihak keluarga pada Jumat pagi, karena tidak pulang setelah Salat Subuh.

Pihak keluarga lantas mencari korban pada pukul 06.00 WIB di Masjid Nurul Wathan yang berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya. Lalu, salah satu anggota keluarga merasa curiga dengan lubang di jalan tersebut, kemudian mereka menemukan mukena, sajadah dan sendal korban.

"Korban akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 13.45 WIB pada Jumat siang, selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk proses visum," ujarnya.

Pencarian korban awalnya dilakukan secara manual dengan menuruni lubang dengan tangga. Namun upaya itu tak berhasil, sehingga tim gabungan dari BPBD, TNI dan Polri melanjutkan pencarian dibantu dua unit alat berat jenis backhoe, serta penggalian manual.

Lubang akibat tanah ambles atau sinkhole itu baru diketahui warga pada Jumat Subuh. Adanya lubang ini diduga karena hujan deras sepanjang malam membuat tanah runtuh.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal