Perumda Padang Perbaiki Pipa yang Rusak akibat Banjir

Antara ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 09:06:00 WIB
Perumda Padang Perbaiki Pipa yang Rusak akibat Banjir
Perumda) Kota Padang mulai memperbaiki sejumlah pipa dan instalasi pengolahan air yang rusak akibat banjir dan hujan deras (Antara)

PADANG, iNews.id - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai memperbaiki sejumlah pipa dan instalasi pengolahan air yang rusak. Kerusakan ini akibat banjir dan hujan deras yang mengguyur kota itu pada Rabu (18/8/2021).

Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Padang Andri Satria mengatakan, volume air banjir yang deras menyebabkan kerusakan di beberapa Intake dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM.

"Di antaranya Intake Palukah, Taban, Sungai II, Sungai Sariak, Guo, Gambir, Garing, Latung, dan Bungus," kata Andri, Jumat (20/8/2021).

Andri menambahkan, intake yang bermasalah itu menyebabkan pendistribusian air terputus kepada masyarakat.

“Dari delapan Intake yang bermasalah, tujuh sudah mulai kita perbaiki. Yang masih tersisa satu Intake Palukahan yang belum bisa diperbaiki, karena terdampak air bah semalam," katanya.

Menurutnya, Intake berkapasitas 500 liter per detik tersebut tidak bisa beroperasi hingga seminggu ke depan.

Lebih lanjut Andri mengatakan, teknisi Perumda Air Minum Kota Padang sedang mengupayakan proses normalisasi pipa air agar masyarakat kembali mendapatkan distribusi air bersih.

"Kita usahakan dari delapan Intake bisa dinormalisasi, seperti membersihkan material sampah, pasir, koral, dan batu yang menimbun Intake . Alhasil, tersisa satu intake yang belum bisa pulih sebab terdapat pipa yang patah," katanya.

Akibatnya kata dia terdapat tiga kecamatan yang terdampak, sehingga sementara tidak menerima akses air bersih dari Perumda Air Minum Kota Padang.

“Tiga kecamatan yang terdampak dari air bah semalam, yaitu Koto Tangah, Kuranji, dan Nanggalo. Kurang lebih sekitar 45.000 pelanggan tidak mendapatkan pendistribusian air bersih hingga sekarang. Akses tidak bisa kita berikan dulu karena tidak ada air yang bisa didistribusikan,” kata Andri.

Untuk sementara Perumda Air Minum Kota Padang berupaya agar masyarakat tetap mendapatkan pasokan air bersih dan menyalurkannya melalui mobil tangki selama kondisi darurat.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: