Petani Pisang di Agam Rugi, Belum Panen Sudah Diserang Kawanan Kera

Nur Ichsan ยท Senin, 18 Mei 2020 - 14:51 WIB
Petani Pisang di Agam Rugi, Belum Panen Sudah Diserang Kawanan Kera
Kera liar (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

LUBUKBASUNG, iNews.id – Petani pisang di kawasan Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) mengeluh dengan serangan hama kera. Pasalnya, gerombolan kera di daerah tersebut semakin banyak.

“Upaya mengatasi hama kera itu sudah dilakukan berbagai cara, namun mereka semakin banyak entah dari mana datangnya,” kata salah satu petani kera Yendrizal Y. Dt. Pamuncak Alam di Jorong Ujuang Guguak seperti dilansir dari lama topsatu.com, Senin (18/5/2020).

Yendrizal menambahkan, kawanan kera itu tidak saja menyerang pisang, mereka juga merusak tanaman lainnya seperti ubi batang, mentimun dan padi.

Untuk mengatasi serangan hama kera, kata Yendrizal, para petani membungkus tandan pisang dengan karung. Hal ini dilakukan agar buah pisang tidak dimakan kera.

“Sayangnya sebagian tandan pisang yang sudah dibungkus itu juga dirusak kera,” kata dia.

Hal senada dijelaskan Arjunis St. Mudo, salah seorang petani mentimun di Solok Lereng Padang Banyak. Menurut dia, serangan puluhan binatang kera itu tidak saja memakan timun, tapi merusak rumpun dan gagang mentimun.

“Masyarakat tani kewalahan dengan ulah hama kera itu,” katanya.

Masyarakat tani di daerah itu berharap kepada pemerintah nagari dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang bertugas di Nagari Padang Tarok, agar dapat mencarikan solusi untuk mengatasi.

Artikel ini telah tayang di inews.id dengan judul ‘Petani Pisang di Padang Tarok Keluhkan Hama Kera'


Editor : Nur Ichsan Yuniarto