Pilkada 2020, Seluruh Petugas TPS di Sumbar Akan Ikuti Rapid Test

Rus Akbar ยท Minggu, 22 November 2020 - 12:45:00 WIB
Pilkada 2020, Seluruh Petugas TPS di Sumbar Akan Ikuti Rapid Test
Kantor KPU Sumbar di Kota Padang. (Foto: iNews/Rus Akbar).

PADANG, iNews.id - Seluruh petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada 2020 di Sumatera Barat (Sumbar) akan mengikuti rapid test. Kebijakan ini mengacu surat keputusan yang dikeluarkan KPU masing-masing kabupaten dan kota.

Komisioner KPU Sumatera Barat, Gebril Daulai mengatakan, untuk pelaksanaan rapid test bagi petugas TPS dilakukan setelah surat keputusan (SK) diterbitkan.

"Rencananya jadwal SK petugas TPS itu dikeluarkan pada Selasa (24/11/2020) mendatang, baru setelah itu petugas TPS itu akan jalani rapid test," kata Gebri, di Kota Padang, Sumbar, Jumat (20/11/2020)

Untuk di Sumbar jumlah petugas TPS secara keseluruhan ada 112.932, tersebar di 12,548 TPS yang ada di 1,158 kelurahan/desa.

"Rapid test ini merupakan instruksi KPU RI, dan itu harus kami laksanakan pada petugas TPS yang bertugas pada saat hari pencoblosan nanti," katanya.

Gebril menambahkan kalau saat rapid test ada yang reaktif maka petugas yang bersangkutan akan melanjutkan uji swab. Bila terkonfirmasi positif, langsung diganti oleh petugas lainnya.

Kebijakan ini diambil agar proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan lancar, serta menerapkan protokol kesehatan. Nantinya para petugas juga akan dilengkapi alat pelindung diri (APD).

"Jadi kalau menghitung suara harus ada masker dan APD lainnya," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal