Polisi Kembali Tangkap 12 Napi Asimilasi di Padang, 5 Pelaku Ditembak

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 06:49 WIB
Polisi Kembali Tangkap 12 Napi Asimilasi di Padang, 5 Pelaku Ditembak
Ilustrasi polisi tangkap kembali napi asimilasi (Antara)

PADANG, iNews.id - Jajaran Polresta Padang menangkap kembali 12 narapidana yang bebas dari program asimilasi. Mereka ditangkap karena kembali melakukan aksi kriminal.

"Sejak asimilasi diberikan sampai saat ini, ada 12 narapidana yang kami tangkap karena kembali melakukan tindak pidana," kata Kasat Reskrim Polresta Padang AKP Rico Fernanda di Padang, Rabu (1/7/2020).

Rico menambahkan, para mantan napi itu rata-rata melakukan tindak pidana pencurian. Saat ini, 12 orang tersebut telah diproses atas pidana yang mereka lakukan.

"Rata-rata kasus yang dilakukan adalah dugaan pencurian, pencurian kendaraan bermotor," katanya.

Selain itu, kata Rico, lima dari 12 narapidana tersebut dihadiahi timah panas oleh petugas karena berusaha melawan saat hendak ditangkap.

"Karena memberikan perlawanan, kami mengambil tindakan tegas dan terukur berupa penembakan untuk melumpuhkan," kata Rico.

Mereka yang ditembak yakni RF (30) yang ditangkap karena kasus dugaan pencurian kendaraan bermotor pada Minggu (28/6/2020).

Napi lainnya adalah YA (22) yang ditangkap pada Kamis (7/5/2020) atas kasus dugaan pencurian dengan kekerasan degan modus begal.

Saat ditangkap, YA sempat memberikan perlawanan dan berusaha melarikan diri, sehingga petugas mengambil tindakan tegas dan terukur berupa penembakan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto