Puasa Idul Adha 2022, Kapan Mulai Puasa Arafah? Simak Bacaan Niat dan Keutamaan

Kastolani · Rabu, 06 Juli 2022 - 20:15:00 WIB
Puasa Idul Adha 2022, Kapan Mulai Puasa Arafah? Simak Bacaan Niat dan Keutamaan
Puasa Arafah dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha. Ada banyak keutamaan di dalamnya bagi yang menjalankan puasa Idul Adha. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ada dua jenis puasa sebelum Idul Adha 2022 yang dianjurkan untuk dijalankan yakni Puasa Arafah dan Tarwiyah. Lalu, kapan mulai Puasa Arafah?

Mengacu pada hasil sidang isbat Idul Adha 2022 yang telah digelar Kementerian Agama (Kemenag), 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat (1/7/2022) dan Idul Adha 2022 pada tanggal 10 Juli. Sedangkan pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha 2022 jatuh tanggal 9 Juli.

Dari hasil sidang isbat tersebut, Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada Jumat, 8 Juli 2022. Sedangkan Puasa Arafah dilaksanakan sehari setelahnya yakni 9 Dzulhijjah bertepatan hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Berikut jadwal lengkap kapan mulai puasa Arafah dan Tarwiyah:

Puasa Tarwiyah: Jumat, 8 Juli 2022
Puasa Arafah: Sabtu, 9 Juli 2022.

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah

Bagi Muslim yang ingin menjalankan Puasa Arafah dan Tarwiyah perlu mengetahui bacaan niat. 

Berikut niat puasa Arafah lengkap arab, latin, dan artinya:

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

Puasa Tarwiyah

Niat Puasa Tarwiyah lengkap arab, latin, dan artinya:

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.

Kata Arafah biasanya merujuk pada berdiam dirinya para jemaah haji di tempat yang disebut dengan Arafah. Berdiam dirinya jemaah haji ini bisa juga disebut dengan wukuf.

Wukuf di Arafah bagi jemaah haji itu dilaksanakan tanggal 9 Dzulhijjah menurut penanggalan Arab Saudi. Namun, terkadang muncul persoalan jika awal Bulan Dzulhijjah di Indonesia dan Arab Saudi berbeda seperti tahun ini. Lantas Puasa Arafah ikut di Arab Saudi atau tetap tanggal 9 Dzulhijjah di Indonesia?

Pensyariatan Puasa Arafah ini sebagaimana juga puasa hari-hari Dzulhijjah sebelumnya, lebih dahulu sebelum adanya haji yang dilakukan oleh Nabi SAW atau yang terkenal dengan nama Haji Wada'.

Sehingga, hari Arafah adalah hari ke-9 Dzulhijjah tiap tahunnya. Maka, para ulama ketika membicarakan puasa Arafah ini lebih menekankan pada tanggal 9 Dzulhijjah bukan pada waktu wukuf di Arafah.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: