Rayakan Ultah, Kim Jong Un Siapkan Rudal Nuklir untuk Ancam AS

Anton Suhartono ยท Selasa, 12 Januari 2021 - 15:17:00 WIB
Rayakan Ultah, Kim Jong Un Siapkan Rudal Nuklir untuk Ancam AS
Pemimpin Kore utara Kim Jong-Un. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkeinginan memiliki senjata nuklir terbaru untuk memberi peringatan kepada presiden Amerika Serikat (AS) yang akan datang Joe Biden. Hal itu diungkapkan Kim saat merayakan ulang tahun ke-37.

Kim juga dilaporkan memerintahkan militer untuk mengembangkan lebih banyak roket, rudal hipersonik berhulu ledak superbesar, senjata nuklir bawah air, satelit mata-mata, dan kapal selam bertenaga nuklir.

Daftar keinginan itu sebenarnya sudah disampaikan Kim pada beberapa kesempatan acara politik dalam beberapa tahun terakhir dan ditegaskan lagi pada akhir pekan lalu saat Kongres Partai Pekerja ke-8.

Pengamat yakin waktu pengumuman itu, yakni kurang dari sebulan sebelum pelantikan Biden, bukan kebetulan.

"Pengumuman Kim tidak diragukan lagi dimaksudkan untuk menekan pemerintahan AS yang akan datang bahwa kegagalan untuk mengambil tindakan cepat bisa membuat Korea Utara meningkatkan kemampuannya secara kualitatif," kata Ankit Panda, penulis buku 'Kim Jong-un and the Bomb', kepada BBC.

Dia menambahkan, presiden AS terpilih harus segera merespons ini dan menentukan kebijakan selanjutnya dalam bernegosiasi dengan Korut.

"Jika Kim tidak melihat adanya perubahan dari tekanan yang biasa dilakukan AS soal pelucutan senjata nuklir menyeluruh dan total sebelum meringankan sanksi, saya kira dia akan terus bergerak dengan melakukan uji coba (nuklir) serta aktivitas lainnya," ujarnya.

Dalam kongres Partai Pekerja, Kim menegaskan aktivitas politik luar negeri Korut harus difokuskan dan diarahkan untuk menundukkan AS sebagai musuh terbesar yang juga penghambat utama bagi kemajuan negara.

"Tidak peduli siapa yang berkuasa di AS dan sifat aslinya, kebijakan mendasar mereka terhadap Korea Utara tidak pernah berubah," ujarnya, seraya menegaskan pemerintahannya akan memperluas hubungan dengan anti-imperialis yang independen.

Editor : Kastolani Marzuki