Sempat Manual, Pembersihan Material Longsor di Tanah Datar Dibantu Alat Berat

Agung Sulistyo ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 17:07 WIB
Sempat Manual, Pembersihan Material Longsor di Tanah Datar Dibantu Alat Berat
Petugas gabungan bersihkan material longsor di Tanah Datar (Agung Sulistyo/iNews)

TANAHDATAR, iNews.id - Petugas gabungan dari TNI-Polri, relawan dan masyarakat masih berusaha membersihkan material tanah longsor yang terjadi di Batipuh Selatan, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Dua alat berat pun dikerahkan untuk memudahkan pembersihan.

“Dua alat berat dikerahkan untuk membersihkan material yang menimbun jalan provinsi yang menghubungkan daerah Malalo dan Sumpur,” kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Dharma, Kamis (4/6/2020).

Sebelum alat berat datang, warga, Polri dan TNI bahu membahu membersihkan material longsor secara manual dengan cangkul.

Zul menambahkan, wilayah Batipuh Selatan memang rawan bencana longsor dan banjir bandang. Selama enam bulan ini, sudah tiga kali wilayah itu dihantam bencana.

“Sejak Januari-Juni 2020 sudah tiga kali terjadi longsor dan banjir bandang,” kata dia.

Untuk diketahui, bencana tanah longsor terjadi di Tanah Datar, Sumbar. Akibatnya, lima rumah warga dan satu musala di Batipuh Selatan, Tanah Datar rusak diterjang material longsor.

Insiden tanah longsor ini terjadi pada Rabu malam (3/6/2020) setelah salat Isya. Diduga, longsor ini akbiat hujan deras yang mengguyur di wilayah itu.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto