Simulasi Belajar di Sekolah, Siswa SD di Solok Pakai Meja Disekat Plastik

Budi Sunandar ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 10:31 WIB
Simulasi Belajar di Sekolah, Siswa SD di Solok Pakai Meja Disekat Plastik
SD Negeri 9 Kota Solok, Sumatera Barat menggelar simulasi belajar tatap muka di sekolah, Sabtu (25/7/2020). (iNews.id/Budi Sunandar)

SOLOK, iNews.id - SDN Negeri 9 Pasar Pandan Air Mati, Kota Solok, Sumatera Barat menggelar simulasi kegiatan belajar tatap muka dengan protokol kesehatan. Simulasi itu akan berlangsung selama satu bulan.

"Ini masih uji coba dan masih akan kita evaluasi apakah ini efektif atau tidak dilakukan," kata Kepala SD Negeri 9, Desriyondra ditemui di lokasi, Sabtu (25/7/2020).

Dia mengatakan, uji coba ini hanya berlaku untuk siswa kelas 1 saja. Sedangkan kelas 2 sampai 6 masih belum dilakukan.

"Ini untuk memperkenalkan sekolah kepada siswa baru, tapi dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Pantauan iNews.id, simulasi kegiatan belajar tatap muka dengan protokol kesehatan itu dimulai dengan pengecekan suhu tubuh siswa dan orang tua yang mengantar ke sekolah.

Kemudian, tiap siswa wajib mencuci tangan sebelum memasuki ruang kelas. Tempat duduk di dalam kelas diberi jarak satu meter. Untuk tiap meja yang digunakan siswa dibuat seperti bilik disekat pembatas plastik. Selama proses belajar di kelas, guru dan siswa wajib memakai masker.

Menurut infromasi, SD Negeri 9 ini menjadi sekolah percontohan yang menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah. Bila dianggap aman dan layak, sistem ini akan menjadi acuan pembukaan SD lainnya di Kota Solok.

"Ini masih simulasi, setelah dievaluasi bisa dijadikan model pembelajaran di Kota Solok," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Rossa.


Editor : Reza Yunanto