Tinggal Menghitung Hari, Simak Doa Menyambut Bulan Ramadan

Kastolani · Kamis, 31 Maret 2022 - 23:47:00 WIB
Tinggal Menghitung Hari, Simak Doa Menyambut Bulan Ramadan
Doa menyambut bulan Ramadan (Foto: freepik)

JAKARTA, iNews.id - Dalam hitungan hari, umat muslim di seluruh dunia akan bertemu dengan bulan Ramadan. Bulan suci dan penuh ampunan itu harus disambut dengan gembira.

Umat muslim perlu memanjatkan doa untuk menyambut Ramadan. Sesuai sunnah, ini dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Allah karena masih diberi kesempatan bertemu bulan suci untuk melaksanakan puasa.  

Sambut Gembira Bulan Ramadhan

Umat Muslim juga dianjurkan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan. Bukan sebaliknya merasa sedih. Sebab, Bulan Ramadhan merupakan ladang pahala.

Rais Syuriah PBNU Dr KH Zakky Mubarak mengatakan, dalam bulan Ramadhan setiap muslim akan mendapat kemudahan-kemudahan untuk melakukan ibadah. Dalam bulan itu manusia beriman digembirakan dengan balasan yang sangat sempurna di akhirat. Sebaliknya terhadap perbuatan yang tidak baik, seorang muslim akan merasakan berat untuk melaksanakannya, karena dosanya bisa berlipat ganda pula. 

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Dari Abu Hurairah r.a. menuturkan,“Rasulullah s.a.w. bersabda, “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun”. (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2079 dan Ahmad: 8631. dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i).

Selama bulan Ramadhan sebagai bulan yang agung dan luhur, seorang muslim senantiasa meningkatkan amal dan ibadahnya dengan penuh suka cita. Dan para Malaikat senantiasa berseru:

يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ هَلُمَّ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ

“Wahai orang-orang yang menghendaki kebajikan, bergembiralah dan wahai orang-orang yang menghendaki keburukan tahanlah dirimu”. (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2080 dan Ahmad: 18042, dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i).

Selain melaksanakan puasa wajib Ramadhan, Muslim juga dianjurkan mengerjakan ibadah-ibadah sunnah yang bernilai pahala besar di antaranya mengerjakan shalat tarawih, bersedekah, tadarus Alquran, i'tikaf dan amalan lainnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: