Tolak Ditertibkan, PKL di Padang Serang Satpol PP dengan Parang

Rus Akbar ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 17:05:00 WIB
Tolak Ditertibkan, PKL di Padang Serang Satpol PP dengan Parang
Penertiban PKL di kawasan Pantai Padang oleh petugas Satpol PP diwarnai kericuhan, Jumat (24/6/2022). Para pedagang menyerang petugas dengan parang. (Foto: MPI/Rus Akbar)

PADANG, iNews.idPenertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pantai Padang, Kota Padang oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) diwarnai kericuhan, Jumat (24/6/2022). Para PKL yang berjualan di trotoar menolak ditertibkan. Mereka melawan petugas dengan senjata tajam. 

Kepala Satpol PP Kota Padang, Mursalim menjelaskan, sesuai Perda Nomor 11 tahun 2005, tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, tidak dibenarkan untuk menempati trotoar dan badan jalan sebagai tempat berjualan. 

Padahal PKL yang berada di kawasan Cimpago tersebut telah direlokasi oleh pemerintah dan dibangunkan Lapak Panjang. 

"Mereka tidak terima dan masih ngotot untuk berjualan padahal setiap hari sudah diingatkan agar tidak berjualan di pinggir pantai," katanya.

Dia mengatakan, tindakan persuasif terus dilakukan oleh petugas di lapangan, namun, salah seorang oknum PKL ini, malahan menyerang petugas, dengan sebilah parang hingga ke ke mobil petugas.

Terkait hal ini, Kasat Pol PP Padang menerangkan untuk menghindari serangan dari oknum PKL, petugas di lapangan berusaha mengambil senjata tajam yang ada ditangan PKL tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: