Wacana Pelonggaran PSBB, Begini Kata Presiden Jokowi

Felldy Utama ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 12:13 WIB
Wacana Pelonggaran PSBB, Begini Kata Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait wacana pelonggaran atau relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Jika dilakukan, Jokowi meminta pelonggaran PSBB dilakukan dengan hati-hati.

"Mengenai pelonggaran untuk PSBB agar dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa," kata Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) mengenai evaluasi PSBB yang dilakukan secara virtual, di Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Sebelum wacana pelonggaran PSBB itu direalisasikan, Jokowi meminta agar terlebih dahulu dilakukan pengkajian data-data terkait pelaksanaan PSBB.

"Semuanya didasarkan pada data-data lapangan pelaksanaan lapangan sehingga keputusan itu betul-betul sebuah keputusan yang benar hati-hati mengenai pelonggaran PSBB," kata dia.

Seperti diketahui, wacana pelonggaran PSBB mencuat setelah dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Relaksasi dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi sosial dan psikologis masyarakat.

Mahfud mengatakan, kebijakan pemerintah dalam perang melawan Covid-19 bertumpu pada faktor kesehatan, ekonomi dan sosial.

Mengenai kebijakan di bidang kesehatan, pemerintah tegas mengikuti protokol yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang kemudian diadopsi Indonesia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto