Wisatawan Asing Datang ke Mentawai, Pemprov: Pariwisata Sumbar Pulih Lebih Cepat

Antara ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 07:19 WIB
Wisatawan Asing Datang ke Mentawai, Pemprov: Pariwisata Sumbar Pulih Lebih Cepat
Lokasi wisata d Sumbar. (Foto: Antara).

PADANG, iNews.id - Pemulihan pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di era normal baru lebih cepat. Cepatnya pemulihan ini mengacu pada skenario Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang memperkirakan pergerakan pariwisata in city baru akan dimulai Juni-Juli 2020.

"Juni-Juli diperkirakan pergerakan wisatawan itu masih dalam kota, maka skenario dari kementerian itu adalah pariwisata in city. Tapi di Sumbar tahapannya melompat," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial, Selasa (30/6/2020).

Saat ini, kata Novrial, pariwisata Sumbar sudah bergerak pada fase empat yaitu pergerakan wisatawan nusantara dari Jakarta bahkan dari luar negeri.

"Beberapa wisatawan dari Jakarta sudah mulai menikmati keindahan alam Sumbar. Beberapa peselancar dari luar negeri juga sudah datang ke Mentawai," katanya.

Novrial melanjutkan, berdasarkan skenario yang dibuat, pada tahap II (Juli-Agustus) pergerakan wisatawan baru pada tahap menginap di luar kota dalam provinsi.

Kemudian pada tahap III, Agustus-September 2020 baru ada pergerakan wisatawan antara provinsi terdekat. Kalau Sumbar, bisa dari Pekanbaru, Jambi atau Bengkulu.

"Pergerakan wisatawan nusantara dari Jakarta atau wisatawan asing diperkirakan baru akan terjadi pada November-Desember 2020 menyesuaikan dengan peralihan cuti libur lebaran lalu," katanya.

Meski begitu, kata dia, pihaknya harus waspada dengan penyebaran Covid-19. Hal ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Salah satu fasilitas yang diberikan Pemprov Sumbar untuk memberikan rasa aman dan nyaman itu adalah tes usap (swab) gratis baik bagi pelaku usaha pariwisata maupun wisatawan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto