×
Berita Hari ini - iNews Portal

Sapi Raksasa di Tanah Datar Masuk Nominasi untuk Kurban Presiden Jokowi di Sumbar

Agung Sulistyo ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 21:30 WIB
Sapi Raksasa di Tanah Datar Masuk Nominasi untuk Kurban Presiden Jokowi di Sumbar
Sapi Raksasa di Tanah Datar Masuk Nominasi untuk Kurban Presiden Jokowi di Sumbar

TANAH DATAR, iNews.id – Sapi simmental milik Al Humadis peternak asal Kabupaten Tanah Datar, masuk nominasi sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo di Sumatera Barat (Sumbar). Pemilik mengklaim berat sapi miliknya sampai 1 ton 300 kilogram (kg).

Warga Jorong Padang Laweh Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar ini, pada tahun 2019 lalu, sapinya pernah ditawar untuk menjadi sapi kurban Presiden RI di Sumbar. Namun gagal, karena berat sapinya kalah dengan sapi asal Kabupaten Agam.

Al Humadis mengatakan, pada tahun 2020 ini sapi simmentalnya kembali ditawarkan untuk menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo di Sumbar. Dia harus bersaing dengan satu ekor sapi lainnya asal Kabupaten Solok.

“Jika berdasarkan pita ukur dengan menggunakan rumus winter, berat sapi saya mencapai 1,3 ton,” kata Al Humadis di Sungai Tarab, Jumat (3/7/2020).

Pada saat ditimbang dengan timbangan miliknya, berat sapinya hanya 1 ton 135 kilogram (kg). Dia mengklaim timbangan miliknya yang digunakan pada saat menimbang sedang rusak.

“Dengan berat sapi yang mencapai  satu ton lebih ini, harga jual kepada Presiden sebesar Rp90 juta,” katanya.

Pemprov Sumbar telah menyurvei kondisi sapinya. Namun, saat ini dia masih menunggu kepastian dari Sekretariat Negara mengenai jadi-tidaknya sapi simmental miliknya dibeli.

Editor : Tomi Wahyudi

Tag: presiden joko widodo | sumbar | kurban | hewan kurban | sapi kurban | Padang Sumbar | Kabupaten Tanah Datar
ARTIKEL ORIGINAL