Detik-detik Dandim 0423/BU Letkol Inf Made Mahardika (posisi depan) nyaris terbawa arus saat menyelamatkan salah satu rumah warga dari terjangan banjir. (Foto : BengkuluutaraiNews.id/Ismail Yugo)
Ismail Yugo

BENGKULU UTARA, iNews.id - Aksi heroik dilakukan Komandan Komando Distrik Militer 0423 Bengkulu Utara Letkol Inf Made Mahardika bersama para anggotanya. Mereka menyelamatkan satu rumah warga hingga nyaris terbawa derasnya arus banjir, .

Peristiwa ini terjadi di Desa Talang Renah, Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara. Saat itu, bangunan rumah tergenang banjir setinggi 2,5 meter. Tak kuat menahan arus, rumah milik warga nyaris hanyut terbawa arus banjir.

"Bersama anggota, rumah warga ini kami tahan dengan tali karena nyaris saja hanyut terbawa arus. Iya benar, saya hampir hanyut terbawa arus, beruntung anggota kami sigap," ujar Dandim 0423 Bengkulu Utara Letkol Inf Made Mahardika, Selasa (30/8/2022).

Dandim mengatakan, Desa Talang Renah merupakan wilayah yang jarang mengalami dampak banjir. Selain mengevakuasi warga yang terisolasi, TNI juga menyalurkan bantuan kepada korban banjir.

Bantuan yang disalurkan ini meliputi air mineral, mi instan dan beras. Pada kesempatan ini, para prajurit juga membantu distribusi bantuan baik terpal, tikar, mi instan dan air mineral yang berasal dari Dinas Sosial Bengkulu Utara.

Data sementara, selain 4 rumah di Desa Talang Ginting, banjir juga merendam 46 rumah di Talang punguk, 68 rumah Desa Talang Renah, 40 rumah di Desa Talang Lembak, 133 rumah di Desa Tanjung Genting, 20 rumah di Desa Sungai Pura dan 25 rumah di Desa Kota Agung.

Data ini termasuk bangunan seperti Kantor Desa, Puskesmas dan fasilitas umum lainnya. Bahkan tiga Desa dari wilayah ini terisolasi akibat luapan air.

"Kami imbau warga untuk tetap waspada saat intensitas curah hujan tinggi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu," ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT