Ilustrasi, deretan artis pemilik klub sepak bola di Indonesia. (Foto: Antara).
Faqihah Husnul Khatimah

PADANG, iNews.idArtis pemilik klub sepak bola di Indonesia mencuri perhatian publik. Mereka mampu mengakuisisi beberapa klub sepak bola sebagai lahan bisnis.

Para artis di Indonesia nampaknya tengah berlomba melebarkan sayap mereka di dunia bisnis. Setelah toko kue dan kecantikan, mengakuisisi klub sepak bola ikut menjadi tren usaha di kalangan artis. 

Sejumlah artis papan atas merambah bisnisnya ke olahraga. Bisnis para artis ini turut mendatangkan angin segar bagi para klub sepak bola di Tanah Air. 

Berkat sokongan dana, mereka bisa melaju di berbagai pertandingan. Persepakbolaan di Indonesia pun kembali bergairah.

Berikut deretan artis pemilik klub sepak bola di Indonesia:

1. Raffi Ahmad

Siapa tak kenal Raffi Ahmad? Artis yang dijuluki Sultan Andara itu ternyata pemilik klub sepak bola RANS Nusantara FC. Bersama pengusaha Rudy Salim, dia mengakuisisi Cilegon United dan mengganti namanya menjadi RANS Cilegon FC. 

Namun, pada Kongres Biasa PSSI 2022 mereka mengganti nama kembali menjadi RANS Nusantara FC dengan tujuan menggaet suporter lebih luas lagi.

Klub dengan julukan The Prestige Phoenix ini berkompetisi pada Liga 1 musim 2022-2023.

2. Prilly Latuconsina

Aktris cantik yang sudah malang melintang di dunia film Indonesia ini membeli saham Persikota Tangerang. Dia membagikan kabar tersebut di Instagram pada 30 Januari 2022. Melalui kabar ini, Prilly menjadi satu-satunya artis perempuan pemilik klub sepak bola di Indonesia. 

Persikota Tangerang sempat kalah dalam pertandingan Liga 3 melawan Farmel FC pada Minggu (6/3/2022). Kekalahan tersebut membuat Prilly lebih semangat lagi untuk mengurus klub berjuluk Bayi Ajaib. Mereka tengah bersiap menempa fisik dan mental untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

3. Atta Halilintar

Youtuber papan atas Atta Halilintar bersama pengusaha Putra Siregar mengakuisisi klub sepak bola PSG Pati FC pada pertengahan Juni 2021. Nama klub ini pun berganti menjadi AHHA PS Pati FC. 

Pindah kandang, nama klub itu diubah lagi menjadi Bekasi FC. Namun, nama Bekasi FC bermasalah karena telah dipatenkan lebih awal oleh orang lain.
 
4. Gilang Widya Pramana

Pada 2021, Crazy Rich Malang Gilang Widya Pramana ditunjuk Arema FC sebagai presiden klub sepak bola berjuluk Singo Edan itu. Sebelumnya, Gilang sempat menjalin kerja sama dan membeli saham. 

Dia diamanahkan memimpin kepengurusan klub selama tiga tahun. Pengusaha muda itu bertekad memberikan kontribusi terbaik kepada Arema FC yang akan berkompetisi di Liga 1.

5. Gading Marten 

Mantan suami Gisella Anastasia ini diketahui resmi memegang jabatan Presiden Persik Kediri yang diumumkan melalui akun Instagram resmi mereka pada Maret 2022. Lewat kepemimpinan Gading, klub berjuluk Macan Putih itu siap berlaga di Liga 1. 

Kehadiran Gading Marten juga disebut membawa pengaruh nama Persik Kediri lebih dikenal masyarakat.

Sebelumnya, Gading sempat mengakuisisi Persikota Tangerang pada 4 Juni 2021. Namun, kiprahnya di Persikota Tangerang tidak terlihat. 

Gading juga tidak mengunjungi Persikota Tangerang saat tim itu berhasil juara Liga 3 zona Banten 2021. Ketidakjelasan Gading di Persikota Tangerang diduga karena terganjal kepemilikan saham.

Nah, itulah lima artis pemilik klub sepak bola di Indonesia. 


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT