Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon menyampaikan permohonan maaf secara terbuka ihwal pernyataannya yang menyebut TNI seperti gerombolan. (Foto: MPI/Felldy Utama)
Azhari Sultan

JAMBI, iNews.id – Komandan Kodim (Dandim) 0415/Jambi Kolonel Marsal Danny mengecam keras ucapan gerombolan TNi yang dilontarkan anggota DPR Effendi Simbolon. Dia mengaku tidak terima institusi TNI disebut sebagai gerombolan seperti ormas.

"Kami tidak terima pimpinan kami disebut sebagai gerombolan seperti ormas. Ini membuat kami sebagai prajurit terhina dan terpukul, ketika pimpinan kami dijatuhkan martabatnya," katanya, Rabu (14/9/2022).

Menurutnya, pernyataan Effendi Simbolon sudah diambang luar batas kesabaran selaku prajurit TNI.

Baginya, kehormatan adalah segala-galanya. Karena itu, pihaknya harus meminta maaf kepada institusi TNI.

"Kami tidak bisa diam, karena ada kehormatan yang dipertaruhkan. Bagi kami kehormatan adalah segala-galanya. Karena itu, Effendi Simbolon harus meminta maaf kepada pemimpin kami Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat serta prajurit TNI sebelum ada kesalahan pahaman antara saudara dengan TNI," kata Denny.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari menegaskan, tindakan protes yang dilakukan para prajurit itu bukan berdasarkan instruksi TNI AD.

"Saya sampaikan bahwa organisasi atau pimpinan TNI AD tidak pernah mengeluarkan instruksi atau perintah untuk melakukan hal tersebut," kata Hamim.

Dia menilai, tindakan prajurit tersebut merupakan reaksi yang muncul dari pernyataan Effendi Simbolon yang terkesan memancing kegaduhan.

"Mungkin saja itu terjadi sebagai reaksi spontan, bukan cuma dari prajurit, bahkan dari masyarakat juga, atas pernyataan seorang tokoh di ruang publik yang dianggap memancing kegaduhan," ucapnya.

Hamim mengungkapkan, di era serba digital seperti sekarang, siapa saja dapat menyampaikan pendapatnya melalui sosial media, tidak terkecuali prajurit TNI.

Sebelumnya, prajurit TNI di Jambi menunjukkan kemarahannya atas pernyataan anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyebut gerombolan TNI dengan unjuk kekebalan tubuh. 

Dalam video yang viral berdurasi 2 menit 11 detik tersebut, terlihat pria dengan badan besar dan kekar memamerkan kekebalan tubuhnya mengiris leher dan tangan dengan parang tanpa sedikit pun luka-luka. 

Aksi tersebut dilakukan Danunit Intel Kodim 0415/Jambi Kapten Inf Amru di Makodim 0415/Jambi, kawasan Jelutung, Kota Jambi, Selasa (13/9/2022).


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT