Ilustrasi gunungan sampah (FOTO: iNews/ERVAN DAVID)
Antara

LIMAPULUH KOTA, iNews.id - Volume sampah di kawasan jembatan layang Kelok Sembilan, Sumatera Barat (Sumbar) naik 300 persen. Kenaikan ini terjadi selama libur Lebaran.

"Selama libur Lebaran kemarin memang terjadi peningkatan volume sampah yang cukup besar khususnya di daerah wisata dan di kelok sembilan," kata Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Permukiman (DLH Perkim) Kabupaten Limapuluh Kota, Yunire Yunirman, Selasa (10/5/2022).

Yunire menambahkan, saat libur Lebaran, volume sampah di jembatan layang Kelok Sembilan diperkirakan mencapai 16 ton dalam sehari.

"Ini meningkat hingga empat kali lipat dari hari biasa. Perkiraan itu dari jumlah sampah yang ada di kontainer dan dijemput ke lokasi. Biasanya penjemputan hanya sekali dua hari untuk satu kontainer, sekarang sampai empat kontainer dalam sehari," kata dia.

Puncak meningkatnya volume sampah selama libur lebaran terjadi pada tingginya intensitas kendaraan atau kemacetan yakni pada Rabu (4/5/2022) hingga Jumat (6/5/2022).

"Sampai hari ini (Selasa) petugas kita masih mengambil sampah ke kelok sembilan. Saat ini kondisi di jembatan layang Kelok Sembilan sudah mulai bersih dari sampah," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT