Pecatan TNI di Payakumbuh, Sumbar, ditangkap polisi. Istri histeris suaminya edarkan sabu (Agung Sulistyo/MNC Portal)
Agung Sulistyo

PAYAKUMBUH, iNews.id - Tiga pengedar narkoba di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), ditangkap polisi. Dari ketiga pelaku, satu di antaranya merupakan pecatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Tiga pengedar sabu ini sudah lama menjadi target operasi polisi. Mereka terkenal licin," kata Kasat Reserse Narkoba Polres Payakumbuh Iptu Aiga Putra, Senin (21/11/2022).

Aiga menambahkan, pelaku diketahui bernama Ilyas ini diamankan di rumahnya daerah Tiakar, Payakumbuh. Keberadaan pelaku diketahui setelah polisi mengamankan pelaku Zulfriona. Dari pengembangan itu, polisi bergerak dan langsung menggerebek rumahnya.

"Saat kami datang istri tersanga panik, sedangkan tersangka mengetahui kedatangan petugas sempat bersembunyi di dalam kamar," katanya.

Meski sempat melakukan perlawanan dan menolak di borgol, kata Aiga, pelaku Ilyas akhirnya menyerah.

"Saat dilakukan pemeriksaan, pelaku mengelak dan bersikeras tidak memiliki dan transaksi narkotika jenis sabu," kata dia.

Polisi kemudian mempertemukan Ilyas dengan Zulfriona. Dari pertemuan dan nyanyian Zul, Ilyas akhirnya mengaku.

"Pelaku Ilyas akhirnya mengakui sabu miliknya disimpan rekannya berinisial BM," katanya.

Kemudian, polisi kembali melakukan pengembangan untuk mengamankan BM. Petugas bergerak ke Payakumbuh Utara.  Sampai di rumah BM< petugas bergerak menggeledah gudang milik BM dan ditemukan 14 paket sabu siap edar yang dibungkus plastik dan kertas.

"Ketiga tersangka ini merupakan satu jaringan dan Ilyas merupakan otak dari peredaran narkoba," katanya.

Selain menangkap tiga pelaku, polisi mengamankan 14 paket sabu dari dua pelaku. Mereka sudah dibawa dan ditahan di Mapolsek Payakumbuh.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT