Warga Desa Simalegi mengungsi akibat gempa bumi Magnitudo 6,4 di Mentawai, Sumbar (Istimewa)
Rus Akbar

PADANG, iNews.id - Warga Kecamatan Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) masih bertahan di pengungsian. Ini dilakukan lantaran warga masih takut setelah wilayahnya diguncang gempa bumi Magnitudo 6,4.

“Pagi ini sebagai warga memang sudah turun ke pemukiman, namun mereka tidak mau tinggal ke rumah karena masih siaga, mereka ke rumah hanya mengambil kebutuhan logistik baik itu makanan, alat-alat masak, serta pakaian dan selimut, kemudian mereka kembali ke pengungsian diatas bukit dan langsung menginap disana,” kata Kepala Desa Simalegi, Jaret, Selasa (30/8/2022).

Namun dia sudah memberitahukan kepada warga kalau ada gempa susulan langsung ke bukit jangan menunggu ada tsunami atau air laut surut.

"Tadi sudah kita ingatkan warga kalau gempa langsung lari ke bukit, tidak menunggu kondisi alam,” katanya.

Desa Simalegi ini ada tujuh dusun yang berada di dekat pantai, kondisi ini sangat rentan dengan tsunami, namun jarak pemukiman warga di perbukitan sekira 800 meter.

“Pemukiman masyarakat dengan bukit memang dekat jadi kalau gempa langsung ke bukit,” katanya.

Kondisi pengungsian juga sebenarnya ada dapur umum yang sudah dibuat oleh lembaga ABS, namun sebagian dusun barang-barang peralatan alat dapur ada yang sudah dicuri.

"Padahal itu disiagakan kalau ada gempa jadi masyarakat tidak lagi mencari-cari alat memasak, kita sangat menyayangkan perbuatan oknum, tapi tidak semua dusun seperti itu," kata dia.

Saat ini jumlah masyarakat yang sedang mengungsi yang baru terdata oleh pemerintah desa ada sebanyak 494 kepala keluarga atau 2.326 yang dihuni di tujuh Dusun yakni Dusun Saboilogkat, Sute'uleu, Muara Selatan, Muara Utara, Betaet Utara, Betaet Selatan dan Sakaldhat.

"Rata-rata mereka yang mengungsi lantaran khawatir akan adanya potensi gempa susulan," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Novriadi menyebut jika bantuan untuk ribuan warga yang mengungsi sudah didistribusikan. Bantuan itu berupa logistik, tenda dan perlengkapan tidur.

"Sudah. Bantuan sudah kita distribusikan. Bantuan Lumbung Sosial dari Kementerian Sosial," kata Novriadi.

Selain bantuan Lumbung Sosial, pihaknya akan mendistribusikan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tim dari BNPB, dijadwalkan akan tiba di Mentawai pada Rabu esok.

"Besok kita juga salurkan bantuan dari BNPB. Tim BNPB dijadwalkan tiba rabu besok," kata Novriadi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT