Korban gempa di Pasaman Barat merobohkan rumahnya sendiri lantaran takut tertimpa material bangunan yang ambruk (Antara)
Antara

PASAMAN BARAT, iNews.id - Korban gempa bumi di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mulai merobohkan rumahnya sendiri. Ini dilakukan agar rumah yang rusak akibat gempa itu tidak ambruk dan menimpanya.

"Kami mulai meruntuhkan rumah kami dengan peralatan seadanya karena khawatir batu bata yang sudah retak menimpa kami," kata salah seorang warga bernama Arfnan, Rabu (16/3/2022).

Afnan menambahkan, rumahnya berpotensi ambruk lantaran gempa terus terjadi.

"Iya karena gempa terus berulang," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, rumah berukuran 8x 6 meter itu sudah tidak layak huni karena dindingnya sudah retak dan rusak. Bahkan, dindingnya sudah jebol.

"Daripada membahayakan kami dan anak-anak makanya kami runtuhkan sendiri menggunakan peralatan seadanya," katanya.

Dia menargetkan satu minggu ini rumahnya sudah runtuh dan akan diperbaiki dindingnya dengan triplek sebagai hunian sementara.

Korban gempa di Pasaman Barat merobohkan rumahnya sendiri lantaran takut tertimpa material bangunan yang ambruk (Antara)

"Kami akan mengakali bagaimana dindingnya saja yang kami robohkan sedangkan atapnya dibiarkan sehingga dindingnya nanti bisa dipasang triplek sambil menunggu bantuan dari pemerintah," katanya.

Sementara itu, saat ini dia dan keluarga masih menumpang tidur di tenda dekat rumahnya.

"Untuk sementara kami tidur di tenda. Pemerintah pun sudah mendata rumah kami. Mudah-mudahan bantuan cepat datang untuk memperbaiki rumah kami," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT