Ilustrasi mahasiswa universitas
Antara

SOLOK, iNews.id - Aksi unik Mitra Yoriskia (24) menghadiri wisuda dengan naik truk sampah di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok menyita perhatian publik.

Belakangan terungkap, Mitra Yoriskia ternyata tukang angkut sampah. Dia merupakan honorer Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok.

Mitra juga mengatakan sebelumnya dirinya telah bekerja sebagai honorer di DLH Kota Solok sejak tahun 2018 yang awalnya sebagai sukarelawan dan satu-satunya perempuan di bidang kebersihan atau angkut sampah.

"Alhamdulillah pada tahun 2021 saya diangkat menjadi honorer bagian pengawas angkutan ambrol dan mobil truk DLH Kota Solok. Dari sinilah saya bisa kuliah dengan biaya sendiri," ucap dia, Rabu (5/10/2022).

Mitra mengaku sama sekali tidak gengsi mengendarai truk sampah saat menghadiri momen wisudanya.

"Saat wisuda kemarin memang saya sendiri yang mengendarai mobil truk DLH Kota Solok yang sehari-hari digunakan untuk mengangkut sampah," kata Mitra.

Dia beralasan dari pekerjaan itulah, dirinya berhasil meraih gelar sarjana hukum.

"Ini sudah menjadi pekerjaan sehari-hari. Bahkan di lingkungan pekerjaan banyak teman-teman yang memberikan dukungan untuk lanjut kuliah," ujar dia.

Sebelumnya, Mitra pernah lulus SBMPTN di salah satu perguruan tinggi negeri jurusan olahraga. Hanya kondisi waktu itu yang tidak memungkinkan karena kedua orang kakaknya juga masih kuliah, tentu membutuhkan biaya yang besar.

"Hingga akhirnya saya milih bekerja dulu dan setelah itu baru bisa lanjut kuliah di kampus UMMY Solok," katanya.

Mitra sebelumnya mengambil jalur non-reguler, sehingga bisa membagi jadwal bekerja dan kuliah. Selain itu, DLH juga selalu mendukungnya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Alhamdulillah kantor sangat mendukung saya untuk lanjut kuliah. Dari hasil kerja ini saya bisa bantu ayah yang hanya bekerja di bengkel dan ibu jualan di depan sekolah,” katanya.

Mitra juga merupakan wisudawati lulusan terbaik di kampus UMMY Kota Solok jurusan hukum dengan nilai IPK 3,73.

“Rencana ke depan setelah ini mau daftar ke Kejaksaan atau Kemenkumham yang sesuai dengan jurusan,” ujar dia. 


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT