2 Bulan Berlalu, ABK asal Padang yang Lompat dari Kapal Tiongkok Belum Ditemukan

Budi Sunandar ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 11:28 WIB
2 Bulan Berlalu, ABK asal Padang yang Lompat dari Kapal Tiongkok Belum Ditemukan
Aditya, ABK Kapal Tiongkok asal Padang yang hilang sejak 7 April 2020 (Budi Sunandar/iNews)

PADANG, iNews.id - Seorang anak buah kapal (ABK) Tiongkok asal Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dikabarkan hilang kontak. ABK itu diketahui bernama Aditya Sebastian (23) warga Koto Tangah, Padang.

Orang tua Aditya, Basrizal mengatakan, anaknya yang menjadi ABK di Kapal Tiongkok Fu Yuan Tu 1218 itu hilang kontak di perairan Malaysia tepatnya di Selat Malaka sejak 7 April 2020.

Dari video yang diterima oleh Basrizal, teman-teman anaknya yang berada di kapal sempat meminta tolong kepada kapal yang berlayar di Selat Malaka. Mereka berteriak dan melambaikan tangan agar kapal itu berhenti dan memberikan pertolongan

"Sudah dua bulan ini hilang, tak tahu keberadaannya," kata Basrizal saat ditemui iNews, Selasa (16/6/2020).

ABK asal Indonesia yang meminta bantuan untuk mencari keberadaan Aditya (Ist)
ABK asal Indonesia yang meminta bantuan untuk mencari keberadaan Aditya (Ist)

Basrizal menambahkan, anaknya telah berkerja sebagai ABK sejak September 2019. Dia masuk lewat penyalur PT Mandiri Tunggal Bahari di Tegal, Jawa Tengah.

Sebelum hilang, kata dia, Aditya melakukan koantak melalui video call pada 4 April 2020.

"Dia memberitahu jika sudah tidak betah bekerja di kapal karena diperlakukan tidak manusiawi," katanya.

Dari cerita teman anaknya, lanjut Basrizal, anaknya dan lima temannya mencoba kabur dengan terjun ke laut setelah bentrok dengan pihak kapal. Insiden ini terjadi pad 7 April 2020. Empat orang temannya berhasil diselamatkan Maritim Malaysia namun Aditya dan Sugiana hilang.

Basrizal sudah menempuh berbagai cara agar anaknya ditemukan. Mulai dari menyurati Kemenlu serta membuat laporan ke polisi. Dia berharap pemerintah membantu mencari sehingga anaknya segera ketemu.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto