23 Karyawan Hotel Berbintang di Padang Positif Covid-19

Budi Sunandar ยท Sabtu, 26 September 2020 - 12:47 WIB
23 Karyawan Hotel Berbintang di Padang Positif Covid-19
General Manajer Pangeran Beach Hotel Padang, Joko (Budi Sunandar/iNews)

PADANG, iNews.id - Sebanyak 23 karyawan hotel berbintang di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) positif Covid-19. Mereka merupakan karyawan di Hotel Pangeran Beach, Padang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal mengatakan, hasil positif tersebut diketahui dari tes swab yang dilakukan pihak manajemen hotel beberapa hari lalu.

"Positifnya ditemukan saat pemeriksaan rutin. Kan ada pemriksaan rutin berkali dua bulan sekali," kata Jasman, Sabtu (26/9/2020).

Jasman mengatakan, yang positif Covid-19 mereka malah orang-orang yang berada di back office.

"Ditemukan 23 orang. Kami apresiasi menajemen telah mengisolasi karyawan yang positif. Yang kena rata-rata back office bukan yang front office," kata dia.

Petugas di Pangeran Beach Hotel Padang mengenakan hazmat untuk membersihkan kamar hotel (Budi Sunandar/iNews)
Petugas di Pangeran Beach Hotel Padang mengenakan hazmat untuk membersihkan kamar hotel (Budi Sunandar/iNews)

Sementara itu, General Manajer Pangeran Beach Hotel Padang, Joko mengatakan, 23 pegawai itu positif Covid-19 setelah pihaknya melakukan tes swab terhadap 147 orang.

Joko menambahkan, karyawan yang positif bukan pegawai frontliner atau pegawai yang berhadapan langsung dengan pengunjung hotel, melainkan pegawai bagian laundry akunting dan security yang tidak bertemu langsung dengan pengunjung.

"Pesertra 147 itu yang kena itu back office. Jadi kita kena dari klaster lain. Ada security satu lagi di enginering. Mereka merasa tenang dan nyaman padahal harus terapkan protokol ksehatan," kata Joko.

"Harusnya pakai masker di dalam ruangan, tapi tidak pakai masker," lanjutnya.

Meski begitu, kata Joko, pihaknya tidak menutup sementara hotel itu. Pihak hotel masih menerima tamu untuk menginap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, dia juga mewajibkan petugas kebersihan hotel menggunakan pakaian hazmat dalam setiap melakukan aktifitas di setiap kamar hotel.

"Kita masih jualan online sampai saat ini. Masih seperti biasa," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto