6 Nama Dataran Rendah di Pulau Sumatera, Paling Banyak di Jambi

Hanna Ratih Aninditya ยท Senin, 05 Desember 2022 - 16:38:00 WIB
6 Nama Dataran Rendah di Pulau Sumatera, Paling Banyak di Jambi
Nama dataran rendah di Pulau Sumatera (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Nama dataran rendah di Pulau Sumatera ini perlu diketahui. Dataran rendah ini bagian dari bentang alam Pulau Sumatera.

Dataran rendah merupakan hamparan dari bidang datar tanah lapang maupun tanah yang memiliki ketinggian relatif rendah. Biasanya memiliki ketinggian tidak lebih dari ketinggian 200 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Dataran rendah di Pulau Sumatera ini memiliki pemandangan alam yang indah mulai dari gunung, lembah, sungai. Lantas apa saja nama-nama dataran rendah tersebut?

Berikut nama dataran rendah di Pulau Sumatera:

1. Asahan

Asahan merupakan nama dataran rendah di Pulau Sumatera yang mempunyai kemiringan pada lereng yang curam. Merupakan kabupaten yang masuk dalam wilayah Sumatera Utara dan terletak pada daerah pantai timur.

Umumnya daerah pesisir di Asahan tergolong datar serta memiliki kemiringan lereng sekitar 0-3 persen.

Dataran pesisir kabupaten Asahan mempunyai elevasi dataran rendah yang berada pada rentang 0-200 meter. Selain itu laut dan arus sungai juga menyebabkan daerah pesisir kabupaten ini seringkali dilanda bencana banjir.

2. Muaro Jambi

Merupakan salah satu nama dataran rendah di Pulau Sumatera yang populer dan terkenal. Pada wilayah ini memiliki sejumlah obyek wisata sejarah yang menawan. 

Muaro Jambi ini merupakab salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jambi. Muaro Jambi memiliki luas wilayah mencakup sekitar 5.246 km2 yang merupakan daerah hasil dari pemekaran Kabupaten Batanghari. 

Beberapa tempat wisata yang berada di wilayah Muaro Jambi adalah Candi Gumpung, Candi Muaro Jambi, sampai Tugu Keris Siginjai.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: