7 Warga Agam Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Perantau yang Pulang Kampung

Antara ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:34 WIB
7 Warga Agam Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Perantau yang Pulang Kampung
Petugas medis melakukan tes swab Covid-19 (Agung Sulistyo/iNews)

AGAM, iNews.id - Tujuh warga Guguk Tinggi, Kecamatan Ampekkoto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dinyatakan positif Covid-19. Tujuh orang itu diduga tertular seorang perantau Bengkulu yang pulang kampung untuk melayat.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan COvid-19 Agam, Khasman Zaini mengatakan, seorang perantau berinisial UK (77) asal Agam yang tinggal di Bengkulu pulang kampung ke Guguk Tinggi bersama istri, anak, menantu dan cucu untuk melayat.

"Setelah beberapa hari berada di kampung, UK sakit dan dirawat di rumah sakit, dan kemudian dikonfirmasi positif Covid-19," kata Khasman, Kamis (6/8/2020).

Khasman menambahkan, dari hasil pemeriksaan, empat anggota keluarga yang lain juga tertular virus corona penyebab Covid-19.

"Berdasarkan hasil penelusuran, ada 27 orang yang melakukan kontak dengan UK. Tujuh dari 27 orang itu dinyatakan positif," katanya.

Lebih lanjut Khasman mengatakan, atas temuan itu, pihaknya akan melakukan tes swab terhadap seluruh warga Guguk Tinggi.

Khasman melanjutkan, dua dari tujuh orang itu pada Rabu malam (5/8/2020) dibawa ke Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi untuk menjalani perawatan.

"Lima orang lainnya menjalani perawatan di Diklat Padang Basi Kota Padang," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto