Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov Sumbar Akan Kirimkan Daging Rendang

Antara · Selasa, 22 November 2022 - 08:44:00 WIB
Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov Sumbar Akan Kirimkan Daging Rendang
Pengolahan daging rendang (Ilustrasi pembuatan daging rendang/Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan mengirimkan daging rendang ke Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Rendang itu rencananya akan dibagikan ke korban gempa Cianjur.

"Kami sudah mengoordinasikan pengumpulan bantuan berupa rendang yang akan dikirimkan untuk membantu meringankan beban korban gempa di Cianjur," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar, Jumaidi, Selasa (22/11/2022).

Dia berharap agar bantuan rendang itu bisa segera terkumpul dan diberikan ke korban terdampak gempa.

"Kita berharap bantuan ini bisa terkumpul secepatnya untuk dikirimkan ke lokasi bencana," katanya.

Menurutnya, bantuan rendang menjadi salah satu bentuk kepedulian masyarakat Sumbar terhadap saudaranya yang tertimpa musibah di berbagai daerah di Indonesia.

Bantuan berupa kuliner khas Ranah Minang tersebut tidak hanya kali ini dikumpulkan untuk membantu korban bencana. Sumbar telah berulang kali mengirimkan bantuan serupa untuk daerah bencana pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya, gempa Magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB. Dari laporan BMKG, gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur dengan kedalaman gempa 10 km.

Dari data Pemprov Jabar hingga Senin malam, tercatat sebanyak 162 orang meninggal dunia. Selain itu 362 orang luka berat dan 2.345 rumah rusak parah. Korban kebanyakan menderita patah tulang.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: