Berbagai Manfaat Daun Sambiloto untuk Wajah, Atasi Jerawat hingga Flek Hitam

Faqihah Husnul Khatimah ยท Sabtu, 19 November 2022 - 17:08:00 WIB
Berbagai Manfaat Daun Sambiloto untuk Wajah, Atasi Jerawat hingga Flek Hitam
Manfaat daun sambiloto untuk wajah menarik untuk diketahui, Salah satunya bisa mengatasi jerawat dan mencegah penuaan. (Foto: Istimewa).

BUKITTINGGI, iNews.idManfaat daun sambiloto untuk wajah menarik untuk diketahui. Salah satunya, bisa mengatasi jerawat dan mencegah penuaan.

Daun sambiloto (andrographis paniculata) merupakan tanaman obat yang memiliki rasa pahit. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah Asia, seperti Indonesia dan India. 

Daun sambiloto punya beragam manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, antara lain alergi, infeksi, gangguan fungsi hati hingga masalah kulit.

Daun sambiloto mengandung antioksidan seperti andrographolide, flavonoid, terpenoid, tannin dan saponin. Selain itu, daun sambiloto juga bersifat antiradang, antikanker, antibakteri dan antivirus.

Kandungan yang dimiliki tersebut, daun sambiloto mampu mengatasi masalah kulit wajah. 

Berikut deretan manfaat daun sambiloto untuk wajah:

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Kerusakan kulit wajah bisa disebabkan oleh radikal bebas, seperti debu, polusi dan sinar UV. Kandungan antioksidan daun sambiloto, yakni andrographolide dan flavonoid mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. 

Selain itu, bermanfaat sebagai antikanker dan antiradang sehingga mengurangi risiko kanker kulit.

2. Menghilangkan Jerawat

Sifat antibakteri daun sambiloto mampu mencegah dan menghilangkan jerawat, terutama jerawat batu. Kandungan daun sambiloto akan menangkal debu dan bakteri yang masuk pori-pori kulit wajah agar tidak memunculkan jerawat.

3. Mencerahkan Kulit

Mendambakan kulit putih, cerah dan bersinar? Kandungan vitamin daun sambiloto bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasinya karena memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. 

Bahan alami ini dapat diolah menjadi lulur atau masker wajah. Meski alami, tetap perhatikan penggunaannya pada kulit sensitif.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: